Kata Kapolda tentang Situasi Keamanan KTT OKI

Kapolda Metro Jaya Irjen Pol Tito Karnavian (kiri)
Sumber :
  • VIVA.co.id/ Irwandi Arsyad

VIVA.co.id - Kepala Kepolisian Daerah Metro Jaya, Inspektur Jenderal Tito Karnavian, memastikan, tingkat keamanan di ring satu hingga ring tiga Konferensi Tingkat Tinggi Luar Biasa Organisasi Kerja sama Islam yang berlokasi di Jakarta Convention Center, Senayan, Jakarta, dalam keadaan aman.

Pagi ini sekitar pukul 07.45 WIB, Tito dan rombongan menyambangi JCC untuk melakukan pemeriksaan atau inspeksi. Ring satu wilayah JCC, ring dua di daerah senayan dan ring tiga di luar Senayan seperti arah Thamrin dan Blok M.

"Pagi ini ada SOM (Senior Official Meeting) yang dihadiri para menteri. Pengamanan diserahkan ke kepolisian, khususnya Polda Metro Jaya. Ring 1 sangat steril," kata Tito, di JCC, Jakarta, Minggu, 6 Maret 2016.

Ia juga menyampaikan, sebanyak 4.200 personel keamanan dikerahkan mulai dari bandara, 17 akomodasi tempat penginapan dan lokasi utama. Semua itu, lanjut Tito, disiapkan dengan pengamanan terbuka namun ketat.

"Karena ada CFD (car free day), kami siapkan rute untuk itu. Pengamanan akan diperketat mulai ring satu sampai tiga menjelang dimulainya SOM," ungkap Tito.

Mantan Kapolda Papua Jaya itu juga menjelaskan, pihaknya tak ingin membataskan kegiatan normal masyarakat Jakarta, sehingga Polda Metro Jaya tak melakukan penutupan total.

Tito juga tak melarang warga yang ingin beraktivitas olahraga di wilayah Senayan. "Semua berjalan normal, kecuali ring satu. Kita tunjukkan bahwa negara kita adalah negara yang aman," tuturnya.

Tentara Israel Terang-terangan Bakar Bendera Palestina
Presiden Turki, Recep Tayyip Erdogan.

Turki Dorong Perkuat Kerja Sama Antarnegara Islam

Pusat kerja sama polisi akan dibentuk di Istanbul.

img_title
VIVA.co.id
15 April 2016