Warga China Peringati Dua Tahun Hilangnya MH 370

Keluarga korban penumpang MH 370 memperingati dua tahun hilangnya pesawat tersebut.
Sumber :
  • REUTERS/Kim Kyung-hoon

VIVA.co.id – Dua tahun berlalu, namun keberadaan pesawat Malaysian Airlines dengan nomor penerbangan  MH 370 yang hilang pada 8 Maret 2014 lalu masih misteri.

Puing di Mozambik Hampir Pasti Milik Pesawat MH 370

Hingga hari ini, tepat dua tahun pesawat tersebut menghilang, dan Malaysia masih tak bisa menemukan jejaknya. Pesawat MH 370 hilang dalam penerbangan dari bandara internasional Kuala Lumpur, Malaysia, menuju Beijing, China. Pesawat tersebut menghilang bersama 239 orang di dalamnya, termasuk penumpang dan kru. Kebanyakan dari penumpang adalah warga negara China.

Seperti dikutip dari Reuters, sejauh ini hanya sebuah kepingan sayap, yang disebut sebagai fallperon, yang ditemukan pada Juli  tahun lalu dikonfirmasi resmi oleh pihak berwenang sebagai bagian dari pesawat yang berjenis Boeing 777 itu.

Remaja Afrika Klaim Temukan Puing MH370

Pekan lalu, seorang turis asal Amerika Serikat menemukan kepingan di sebuah pantai di lepas Mozambique. Pihak berwenang mengatakan akan mengirimkan kepingan itu ke Australia untuk dilakukan pengujian.

"Saat ini kami menunggu verifikasi dari dua kepingan tersebut yang pekan lalu ditemukan  di Mozambique dan yang sebelumnya ditemukan di Pulau Reunion," komentar Menteri Transportasi Malaysia, Liow Tiong Lai, dalam pernyataannya.

Apple Siap Bantu Pencarian Pesawat MH370

Perdana Menteri Malaysia, Najib Razak, mengatakan pihak berwenang berkomitmen untuk melakukan segala sesuatu untuk memecahkan misteri tersebut. "Operasi pencarian saat ini diharapkan bisa segera berakhir di akhir tahun, dan kami sangat berharap pesawat tersebut bisa ditemukan," katanya seperti dikutip dari The Guardian, Senin, 7 Maret 2016.

Sementara itu, di China, sejumlah warga yang anggota keluarganya menjadi korban pesawat hilang tersebut melakukan upacara peringatan di Kuil Lama di Beijing, China, pada 8 Maret 2016. Membawa sejumlah poster, keluarga korban berkumpul dan berdoa. Mereka juga meminta pemerintah Malaysia bisa memberi jawaban atas hilangnya pesawat yang disebut sebagai misteri terbesar dalam abad 21 itu. (one)

Keluarga Korban MH370, tak putus berharap agar pesawat tersebut segera ditemukan.

Warga Mozambik Temukan Puing, Diduga Bagian dari MH370

Pesawat Malaysia Airlines itu hilang pada 8 Maret 2014.

img_title
VIVA.co.id
27 Mei 2016