Sebelum Jatuh, Pilot Flydubai Dipaksa Mendarat Darurat

Pesawat FlyDubai.
Sumber :
  • Flydubai

VIVA.co.id - Sebuah pesawat penumpang Flydubai dengan tujuan Rusia mengalami kecelakaan. Pesawat Boeing 737 itu jatuh dan terbakar di dekat landasan Bandara Rostov On Don, Rusia. Akibatnya, seluruh penumpang sebanyak 62 orang termasuk tujuh kru pesawat tewas.

Kepastian itu juga sudah disampaikan Kementerian Darurat Rusia termasuk Flydubai, maskapai yang berbasis di Uni Emirat Arab itu. Dalam keterangannya, Flydubai menyatakan, pesawat itu bertolak dari Bandara Internasional Dubai pada Jumat, 18 Maret 2016, pukul 22:20 waktu setempat. Sementara kecelakaan terjadi Sabtu, 19 Maret 2016, sekira pukul 03.55 dinihari.

"Kami belum tahu semua rincian detil seputar kecelakaan tersebut, tapi kami bekerja sama dengan pihak berwenang untuk menetapkan penyebabnya," kata Chief Executive Flydubai, Ghaith Al Ghaith, seperti dilansir Wall Street Journal, Sabtu, 19 Maret 2016.

Sementara, Kementerian Darurat Rusia mengatakan dalam sebuah pernyataan, pilot memang dipaksa untuk melakukan pendaratan kedua setelah pendaratan pertama gagal.

Pilot Helikopter Angkatan Udara Amerika Tewas Kecelakaan di Kuwait

"Karena kondisi cuaca buruk. Sayap pesawat menyentuh landasan pacu, menyebabkan pesawat pecah," kata pernyataan itu.

Disebutkan, ada sejumlah bandara di Rusia yang memang kerap kekurangan alat bantu pendaratan canggih serta alat ramalan cuaca yang canggih.

Pesawat Lionair Jatuh di Manila, 8 Orang Tewas

Terkait hal itu, juru bicara Komite Investigasi Rusia, Vladimir Markin mengatakan, lembaganya telah membuka kasus pidana apabila ada pelanggaran aturan keselamatan udara yang dilakukan oleh bandara Rostov On Don.

Seorang pejabat lokal untuk Kementerian Darurat, Viktor Yatsutsenko, juga mengatakan, sebagian besar penumpang adalah warga negara Rusia. 11 di antaranya merupakan warga asing.

Boeing sendiri mengatakan dalam sebuah pernyataan bahwa pihaknya siap memberikan bantuan teknis atas permintaan dari instansi pemerintah melakukan penyelidikan.

Flydubai, diketahui merupakan 'adik' dari Emirates Airline yang didirikan pada tahun 2008 oleh pemerintah Dubai dan mulai terbang pada 2009. Flydubai memang terkenal merupakan maskapai yang melayani penerbangan dengan tiket murah. Sementara sang kakak, Emirates, adalah maskapai penerbangan terbesar di dunia dengan lalu lintas internasional.

(mus)

Pesawat Lion Air yang Tergelincir Berhasil Dievakuasi
Maskapai Sriwijaya Air

8 Kecelakaan Pesawat Terbesar di Indonesia

Seperti yang diketahui khalayak umum, tragedi kecelakaan pesawat terbang di Indonesia sudah cukup banyak terjadi.

img_title
VIVA.co.id
10 Januari 2021