Menlu Australia Akan Resmikan Konsul Jenderal di Makassar

Menteri Luar Negeri Australia, Julie Bishop dan Menlu Retno LP Marsudi
Sumber :
  • Kementerian Luar Negeri RI

VIVA.co.id – Menteri Luar Negeri Australia, Julie Bishop, kembali melakukan pertemuan bilateral dengan Menlu Indonesia, Retno Marsudi. Dalam pertemuan tersebut, Bishop mengungkapkan rencananya untuk meresmikan Konsulat Jenderal di Makassar, Selasa, 22 Maret 2016.

RI-Australia Sepakat Bereskan Tumpahan Minyak di Montara

Pertemuan kedua Menlu ini diadakan di Jakarta, Senin, 21 Maret 2016, sebelum penyelenggaraan Bali Process, 22-23 Maret 2016. Menurut Bishop, sebagai kota terbesar kelima di Indonesia, Makassar dianggap sebagai kota dengan potensi ekonomi yang tinggi. Australia melihat hal tersebut sebagai kesempatan yang baik untuk kerja sama bisnis dan investasi antarkedua negara.

Australia merupakan mitra dagang terbesar RI ke-12 dan merupakan investor asing  terbesar ke-12 di Indonesia pada tahun 2015.

Hadiri IORA, Menlu Australia Akan Bicara soal Terorisme

"Kemitraan dalam hal perekonomian ini menjadi contoh kekuatan kerja sama dan keberagaman hubungan antara Australia dan Indonesia. Kami mengharapkan keuntungan kerja sama perkonomian ini mencapai 15 milyar dolar, mengingat masih banyak potensi untuk meningkatkan ekonomi dan kerja sama di berbagai bidang pekerjaan," ujar Bishop, di Gedung Pancasila Kementerian Luar Negeri, Jakarta Pusat, Senin, 21 Maret 2016.

Pada tahun 2015, nilai perdagangan bilateral antarkedua negara mencapai nilai US$ 8.49 miliar, dan nilai investasi Australia di Indonesia mencapai angka US$ 167.9 juta. Indonesia dan Australia juga memiliki status kemitraan komprehensif sejak 2005, dengan ditandatanganinya Joint Declaration on Comprehensive Partnership.

Menlu RI dan Australia Bahas Kedatangan PM Turnbull

Laporan : Dinia Adrianjara

Menteri Luar Negeri Australia, Julie Bishop, di Kantor Wakil Presiden RI di Jakarta beberapa waktu lalu.

Menlu Australia Julie Bishop Mengundurkan Diri

Bishop mundur setelah Morrison terpilih sebagai PM Australia

img_title
VIVA.co.id
26 Agustus 2018