Jenazah WNI Korban Gempa Taiwan Dipulangkan

Salah satu bangunan yang ambruk akibat gempa Taiwan yang terjadi pada Februari lalu.
Sumber :
  • Reuters

VIVA.co.id – Jenazah Elisabeth Sami, WNI yang menjadi korban gempa di Tainan, Taiwan, pada 6 Februari 2016 lalu, dipulangkan ke Indonesia pada Minggu malam, 27 Maret 2016. Jenazah diterbangkan ke Semarang dan selanjutnya oleh Pemda Jawa Tengah dibawa menggunakan ambulans menuju daerah asalnya di Temanggung, Jawa Tengah.

Update Korban Gempa Dahsyat Taiwan: 9 Orang Tewas, 1000 Lebih Luka

Pada awalnya terdapat kesulitan mengupayakan pemberian santunan dari Pemerintah Daerah Tainan bagi keluarga almarhumah. Sebab status bekerja Elisabeth di Tainan tidak resmi.

“Namun dengan bantuan Kantor Perwakilan Taiwan di Indonesia (TETO) dan KDEI Taipei, kita berhasil mengupayakan santunan bagi keluarga almarhumah dari otoritas di Taiwan sebesar santunan yang diberikan kepada korban berkewarganegaraan Taiwan," ujar Direktur Perlindungan WNI dan BHI Kemlu RI Lalu Muhammad Iqbal, Senin, 28 Maret 2016, dalam keterangan resminya.

Jepang Cabut Peringatan Tsunami Imbas Gempa Taiwan

Meninggalnya Elisabeth baru diketahui oleh Tim SAR Taiwan pada tanggal 8 Februari 2016, atau dua hari setelah gempa bumi terjadi. Elisabeth terdaftar bekerja di Taipei, namun dua hari sebelum kejadian ia pindah bekerja di Tainan. Karena itu, nama Elisabeth tidak tercantum di daftar penghuni resmi apartemen.

Untuk memastikan identitas jenazah, kata Iqbal, Kemlu bersama Polri mengupayakan pengambilan sampel DNA dari orangtuanya di Temanggung dan mengirimkan data ante mortem kepada otoritas Taiwan. Berdasarkan data tersebut, otoritas Taiwan melakukan proses identifikasi dan menetapkan bahwa jasad tersebut adalah jenazah Elisabeth Sami.

Heboh Pengakuan Ahli Balistik, Polisi yang Titipkan Isu Perselingkuhan Putri-Brigadir J

Berdasarkan ketetapan tersebut, otoritas di Taiwan mengeluarkan sertifikat kematian dan melakukan proses pemulangan jenazah. Diperkirakan saat ini terdapat sekitar 230 ribu WNI di Taiwan. Sekitar 180 ribu di antaranya berstatus TKI. (ms)

Bangunan di Taiwan Setelah Gempa Terjadi (Doc: AP Photo)

Gempa Dahsyat Guncang Taiwan, DPR Minta Kemlu Proaktif Cek WNI: Jika Perlu Dievakuasi

Gempa dahsyat mengguncang Taiwan pada Rabu pagi kemarin. Lebih dari 1000 orang luka-luka.

img_title
VIVA.co.id
4 April 2024