Gempa 5,6 SR Guncang Taiwan

Gempa di Taiwan
Sumber :
  • google.org

VIVA.co.id – Gempa bumi berkekuatan 5,6 skala Richter (SR) mengguncang timur laut Taiwan, hari ini. Badan Survei Geologi Amerika Serikat (US Geological Survey) mengatakan, lokasi gempa berada 14 kilometer (sembilan mil) timur laut dari kota pesisir Su-ao.

Update Korban Gempa Dahsyat Taiwan: 9 Orang Tewas, 1000 Lebih Luka

Mengutip situs Channel News Asia, Kamis, 12 Mei 2016, di ibu kota Taiwan, Taipei, guncangan akibat gempa terasa, terutama bagi warga yang tinggal di apartemen atau rumah susun. Akibatnya, dilakukan pemadaman listrik dan berakibat orang-orang terjebak dalam lift.

Hingga kini, belum ada laporan korban jiwa maupun cedera atau terjadi kerusakan bangunan. Awalnya, USGS menyatakan terjadi gempa sebesar 5,9 SR, namun akhirnya direvisi.

Jepang Cabut Peringatan Tsunami Imbas Gempa Taiwan

Gempa bumi memang kerap terjadi di Taiwan. Pada Februari 2016, gempa berkekuatan 6,4 SR meruntuhkan sebuah kompleks apartemen besar di Taiwan Selatan yang menewaskan lebih dari 100 orang. Titik episentrum gempa terjadi di timur laut Pingtung County, dengan kedalaman 16,7 kilometer.

Saat itu, gempa berdampak hingga di luar Kota Tainan. Di Gedung Wei-guan Golden Dragon, misalnya, ditemukan hampir semua korban tewas.

Heboh Pengakuan Ahli Balistik, Polisi yang Titipkan Isu Perselingkuhan Putri-Brigadir J

Namun, gempa terburuk terjadi pada September 1999, ketika gempa 7,6 skala Richter menewaskan sekitar 2.400 orang.

Bangunan di Taiwan Setelah Gempa Terjadi (Doc: AP Photo)

Gempa Dahsyat Guncang Taiwan, DPR Minta Kemlu Proaktif Cek WNI: Jika Perlu Dievakuasi

Gempa dahsyat mengguncang Taiwan pada Rabu pagi kemarin. Lebih dari 1000 orang luka-luka.

img_title
VIVA.co.id
4 April 2024