AS Berencana Kembali Patroli di Laut China Selatan

Kapal Penjaga Pantai China di wilayah Laut China Selatan yang menjadi sengketa.
Sumber :
  • REUTERS/Erik De Castro

VIVA.co.id – Beredar kabar yang menyebutkan bahwa Amerika Serikat akan kembali melakukan patroli di sekitar lokasi Laut China Selatan (LCS) pada awal April 2016. Hal ini merupakan ketiga kalinya China "ditantang" karena sikapnya yang dianggap telah mengokupasi wilayah sengketa tersebut.

Jiper, Komandan Armada Perang Amerika Anggap China Lebih Ganas dari Nazi

Dilansir dari laman Reuters, Minggu, 3 April 2016, seorang pejabat Amerika yang tak disebutkan namanya menyanggah informasi tersebut dan mengatakan kegiatan itu tidak akan dilakukan apalagi dalam waktu dekat ini.

Namun ia menegaskan bahwa AS akan terus melawan China jika masih tetap melanggar hukum internasional yang berlaku mengenai batas maritim.

Menko Polhukam: RI Waspadai Konflik di Laut China Selatan, Rivalitas AS-China Kian Rumit

Amerika Serikat selama ini melakukan program kebebasan navigasi dengan berlayar dekat wilayah sengketa dengan tujuan menggarisbawahi haknya dalam wilayah tersebut. Otoritas AL Amerika mengatakan pihaknya akan tetap melakukan program itu dengan semakin kompleks.

"Posisi kami tidak berubah, kami tidak berkompetisi untuk mengklaim wilayah di LCS. Kami secara rutin melakukan operasi tersebut di seluruh dunia untuk menantang klaim maritim yang sah yang membatasi hak dan kebebasan yang diberikan dalam hukum internasional. Hal ini berlaku untuk Laut Cina Selatan juga," kata seorang pejabat senior dalam kepemerintahan Barack Obama.

Ambil Contoh Situasi Laut China Selatan, ISDS Gelar Lomba Penulisan Tentang Kedaulatan

Sebelumnya, pada Oktober 2015, Komandan Angkatan Laut China sudah memperingatkan AS atas tindakannya yang dianggap berbahaya dan bersifat provokatif tersebut.

Laksamana Wu Shengli mengatakan dalam konferensi video yang ada risiko bahwa insiden kecil seperti itu bisa memicu perang. (ase)

Tim gabungan TNI/Polri mengevakuasi jenazah korban penembakan OPM di Homeyo, Kab

Jenderal Kopassus di Balik Operasi Rebut Homeyo, Refly Harun Bungkam Irma Nasdem

Tangan dingin jenderal Kopassus yang memimpin operasi perbutan distrik Homeyo dari OPM menuai sorotan. Refly Harun sebut anggota DPR harusnya oposisi ke pemerintah

img_title
VIVA.co.id
9 Mei 2024