Jokowi akan Bertemu Vladimir Putin di Rusia

Pertemuan Presiden Joko Widodo dan Presiden Vladimir Putin
Sumber :
  • ANTARA FOTO/Setpres/Rusman

VIVA.co.id - Direktur Mitra Wicara dan Antar Kawasan (MWAK) Kementerian Luar Negeri RI, MI Derry Aman, menyatakan Presiden RI Joko Widodo akan menghadiri KTT Peringatan 20 tahun kerjasama Kemitraan ASEAN dan Rusia, 18-20 Mei 2016 mendatang.

Dalam kunjungannya tersebut, Joko Widodo juga akan melakukan pertemuan bilateral dengan Presiden Rusia, Vladimir Putin.

Menurut Derry, yang juga Ketua Delegasi RI pada pertemuan ke-13 ASEAN-Russia SOM (ARSOM) di Moskow, Rusia tersebut, Indonesia selain telah ikut memberikan pandangan dan kontribusinya terhadap persiapan KTT Peringatan, juga telah memberikan penekanan khusus mengenai pentingnya penguatan dan peningkatan kerjasama kemitraan ASEAN-Rusia.

Kemitraan ASEAN dan Rusia diketahui berkutat pada kerja sama fungsional seperti perdagangan, investasi dan pembangungan infrastruktur, kerja sama pendidikan, kebudayaan, dan penanganan bencana. Selain itu, kerjasama kemitraan ASEAN dan Rusia diketahui juga meliputi antisipasi dan menangani situasi dan perkembangan global, termasuk situasi di Timur Tengah dan isu Palestina, Semenanjung Korea, serta arsitektur kawasan di Asia Timur dan Asia Pasifik.

“Presiden RI Joko Widodo direncanakan hadir pada KTT Peringatan tersebut di Sochi, Rusia, tanggal 18-20 Mei 2016,” kata Derry dalam keterangan tertulisnya, Rabu malam, 6 April 2016.

Dia menambahkan, rangkaian KTT ini memiliki makna penting mengingat merupakan pertama kalinya Kepala Negara atau Pemerintahan ASEAN dan Rusia bertemu di Rusia, dan juga merupakan kunjungan resmi pertama Presiden Joko Widodo ke Rusia.

Jokowi: Jumlah Peserta Tax Amnesty Baru 344 Orang
World   Islamic Economic Forum (WIEF)

Jokowi Beber 'Mantra' RI di Forum Ekonomi Islam Dunia

Jokowi Dorong Pemberdayaan UMKM.

img_title
VIVA.co.id
2 Agustus 2016