Taliban Afghanistan Ledakkan Gedung Pemerintah

Sebuah ambulans siaga di sekitar lokasi ledakan di Kabul, Afghanistan, 19/4/2016.
Sumber :
  • REUTERS/Mohammad Ismail

VIVA.co.id – Kelompok militan Taliban di Afghanistan menepati janji mereka. Sebuah ledakan di gedung pemerintah di Kabul menjadi sasaran pertama serangan mereka.

Ada Unsur Balas Dendam, Ini Deretan Alasan Rusia Jadi Terget Serangan ISIS

Sekitar tujuh orang tewas dan 320 lainnya luka-luka setelah sebuah bom meledak di gedung keamanan milik pemerintah di Kabul, Afghanistan. Serangan ini disebut sebagai terburuk yang pernah dilakukan Taliban selama setahun terakhir.

Ledakan yang disebut berasal dari bom itu terjadi pada pagi hari yang padat di Kabul, ibu kota Afghanistan pada Selasa, 19 April 2016.

ISIS-K Bertanggungjawab Atas Aksi Terorisme di Rusia, Taliban Buka Suara

Juru bicara Kementerian Kesehatan Afghanistan Ismail Kawosi mengatakan, beberapa korban yang luka berada dalam kondisi yang kritis. "Sebagian besar korban adalah warga sipil," ujar Kawosi seperti dikutip dari Reuters, Selasa, 19 April 2016.

Menurut Kementerian Kesehatan Afghanistan, ledakan ini menjadi serangan terburuk di Kabul. Serangan terakhir terjadi pada Agustus tahun lalu. Sebuah bom truk meledak dan melukai 240 orang.

9 Orang Ditembak dan 170 Diculik Tanpa Alasan di Afghanistan

Pekan lalu, kelompok militan ini berjanji akan memulai serangan ofensif mereka pada pemerintah Afghanistan. Dan ledakan itu dianggap sebagai salah satu tindakan nyata Taliban.

Pernyataan tersebut disampaikan Taliban setelah pemerintah Afghanistan juga berjanji akan meluncurkan serangan besar-besaran pada kelompok militan tersebut.

VIVA Militer: Pasukan Taliban Afghanistan

Rusia Akan Hapus Taliban dari Daftar Teroris Internasional, Sengaja Buat AS Kesal?

Rusia mengumumkan bahwa pihaknya sedang mempertimbangkan untuk menghapus Taliban dari daftar organisasi teroris internasional, kata para pejabat di Moskow.

img_title
VIVA.co.id
3 April 2024