Selangkah Lagi Duterte Presiden Filipina, Siapa Wakilnya?

Warga Filipina di Manila antre mengikuti proses Pemilihan Presiden
Sumber :
  • AP Photo/Aaron Favila

VIVA.co.id – Walikota Davao City, Rodrigo Duterte hampir dipastikan memenangkan pemilihan Presiden Filipina periode 2016-2022. Hingga kini, ia mereguk suara sebesar 15,34 juta sementara pesaing terdekatnya, Manuel Roxas II hanya meraih suara sebanyak 9,24 juta dan Grace Poe meraup suara 8,58 juta.

Bila Jadi Presiden, Duterte Ogah Tidur di Istana Malacanang

Hasil ini didapat melalui Komisi Pemilihan Transparansi Filipina, seperti dikutip dari situs Philstar, Selasa, 10 Mei 2016. Tak hanya memenangkan suara di Mindanao, daerah konstituennya, Duterte ternyata menjadi pilihan utama para pemilih yang berasal dari semua jenis kelas sosial di ibu kota Manila.

Bagaimana dengan proses pemilihan Wakil Presiden Filipina? Hingga kini, perebutan suara masih terjadi antara Leni Robredo (13,47 juta suara) dengan Ferdinand Marcos Junior (13,28 juta suara). Seperti diketahui, wanita bernama lengkap Maria Leonor "Leni" Robredo adalah seorang pengacara, aktivis sosial, dan anggota Kongres dari Distrik III Camarines Sur.

Ini Jam Kerja Presiden Baru Filipina

Suaminya, Jesse Robredo, merupakan mantan Menteri Dalam Negeri Filipina era Presiden Beningno Aquino III yang tewas dalam kecelakaan pesawat pada 2012. Saat itulah Leni muncul ke publik. Ia dikenal sebagai “down to earth” karena selalu berangkat dan pulang kerja menggunakan kendaraan umum. Leni lalu bergabung dengan Partai Liberal Filipina pada 2015, dan mencalonkan diri sebagai wakil presiden.

Sementara Ferdinand Marcos Junior merupakan anak lelaki satu-satunya dari mantan diktator Presiden Filipina, Ferdinand Marcos. Saat ini dirinya menjabat sebagai anggota Kongres Filipina. Pengalamannya di dunia politik dimulai sejak 1983 sebagai Gubernur Ilocos Norte. Bergabung dengan Partai Nasionalis Filipina pada 2010, dan resmi mencalonkan diri sebagai Wakil Presiden Filipina pada 5 Oktober 2015.

Militer Filipina Tegaskan Anggarannya untuk Modernisasi
BBC Indonesia

Pilpres Filipina, Siapa Saja Kandidatnya dan Apa Isu Utamanya?

Pemilihan Presiden Filipina, yang digelar Mei 202, bakal menjadi kontroversial karena para kandidat utamanya terdiri dari anak presiden Duterte, putri eks diktator Marcos, serta petinju terkenal Manny Pacquaiao.

img_title
VIVA.co.id
10 Februari 2022