Biota Laut Rusak oleh Turis, Thailand Tutup Pulau Favorit

Seorang turis bersiap snorkeling di Similan Island di Phuket, Thailand.
Sumber :
  • Reuters

VIVA.co.id – Pemerintah Thailand menutup pulau Koh Tachai, salah satu tempat pariwisata favorit di provinsi Phang Nga, yang merupakan bagian dari Similan National Park. Keputusan itu diambil dengan alasan kegiatan turisme yang negatif telah mempengaruhi sumber daya alam dan lingkungan hidup disana.

Indahnya Danau Teratai Merah yang Instagramable

Dilansir dari laman BBC, Selasa, 17 Mei 2016, hampir semua taman laut nasional Thailand akan ditutup dari Mei hingga Oktober mendatang karena alasan musim hujan, tapi pariwisata Taichi tidak akan dibuka kembali. Taman laut ini terkenal di kalangan turis dan para penyelam.

"Kami harus menutupnya agar bisa membiarkan lingkungan alam laut ini berehabilitasi tanpa diganggu oleh aktivitas turis yang bisa merusak," kata Tunya Netithammakul, Dirjen Departemen Taman Nasional, Alam dan Konservasi Tumbuhan Thailand.

Wisata ke Thailand Jangan Coba Lakukan Ini atau Dipenjara

Media lokal mengutip para ahli mengatakan pantai di Koh Tachai bisa menampung sekitar 70 orang, tapi kadang-kadang jumlah wisatawan yang datang lebih dari 1.000, bersamaan dengan warung makanan dan perahu wisata. Hal itu jauh melebihi kapasitas pulau dan menyebabkan kerusakan yang mengancam.

Setiap tahunnya negara yang terkenal dengan kuliner tomyam tersebut berhasil menarik puluhan juta turis karena kekayaan alam pantai dan pulau yang indah.

Fenomena Langka, Teratai Raksasa Mekar Setelah 10 Tahun

(ren)

Pattaya

Mulai Maret Perjalanan ke Pattaya Lebih Mudah dengan Kereta

Kurang lengkap ke Thailand tanpa berkunjung ke Pattaya

img_title
VIVA.co.id
24 Februari 2018