Clinton Kalahkan Sanders di Kentucky

Hillary Clinton bersama pendukungnya di Boston, Massachusetts.
Sumber :
  • Reuters/Jonathan Ernst

VIVA.co.id – Kandidat Presiden dari Partai Demokrat, Hillary Clinton mengalahkan Bernie Sanders dalam pemilihan pendahuluan di Kentucky, Selasa malam waktu setempat. Dengan 99.84% suara yang terkumpul, Clinton memperoleh presentase sebesar 46.75%, menang tipis dari Sanders dengan perolehan suara 46.33%.

Hillary Clinton Usul Electoral College Dihapus dari Pemilu AS

Beberapa media setempat menunggu keterangan resmi dari Clinton terhadap kemenangan tersebut, namun Clinton mengumumkannya melalui akun twitter. "Kami baru saja memenangkan Kentucky! Terima kasih kepada semua orang yang membantu. Kami selalu kuat jika bersatu."

Clinton berusaha untuk merebut kembali tidak hanya momentum di seluruh bangsa, tetapi juga keajaiban keluarga Clinton, yang membuatnya meraih kemenangan besar melebihi Barack Obama pada tahun 2008.

Email Hillary Clinton ke Ikhwanul Muslimin Berbuntut Panjang

Para pemilih di wilayah Oregon juga mengikuti pemilihan pendahuluan pada Selasa. Dengan lebih dari setengah suara dihitung, Sanders memimpin dengan perolehan 52% suara, sedangkan Clinton meraih 47%.

Dilansir dari USAtoday, Rabu, 18 Mei 2016, di Kentucky, 55 kursi delegasi diperebutkan. Clinton dan Sanders nantinya akan mendapatkan masing-masing 25. Selain itu, Demokrat juga memiliki lima delegasi super, dua di antaranya telah menjanjikan dukungan mereka untuk Clinton. Dua orang lain belum menentukan siapa yang mereka pilih, dan delegasi kelima belum diumumkan.

Akhirnya Hillary Clinton Dukung Joe Biden Lawan Trump di Pemilu AS

Persaingan antara Clinton, mantan ibu negara, Menteri Luar Negeri dan Senator, dengan Sanders yang seorang senator dari Vermont adalah yang pertama, yang benar-benar memperebutkan delegasi demokratis di Kentucky, sejak negara tersebut mengambil bagian dalam Super Tuesday 1988.

Sanders mendominasi di Timur dan Barat Kentucky terutama di ladang batubara, sementara Clinton memenangkan daerah perkotaan dan wilayah bagian tengah negara. Clinton telah menunjukan performa terbaiknya di tempat dengan populasi Afrika-Amerika yang cukup besar di seluruh negeri.

(ren)

Halaman Selanjutnya
Halaman Selanjutnya