ASEAN Tak Keluarkan Sikap Bersama soal PCA

Kawasan Laut China Selatan yang disengketakan.
Sumber :
  • Reuters

VIVA.co.id – Direktur Mitrawicara dan Kerja Sama Antar Kawasan ASEAN Kemlu RI Derry Aman, menegaskan pada saat acara Special ASEAN-China Foreign Minister Meeting pada 13-15 Juni 2016 di Kunming, China, negara-negara ASEAN tidak atau belum akan menyampaikan sikap mereka terhadap Permanent Court of Arbitration (PCA) yang diajukan Filipina terhadap China mengenai sengketa di Laut China Selatan (LCS).

Luhut: Jangan Kira Indonesia Bisa Diatur Freeport

"PCA tidak akan dibahas di Kunming karena pembahasan belum sampai sana. Sebelumnya, harus ada kesepakatan dan konsensus terlebih dahulu baru bisa membuat joint statement (sikap bersama). Nah, tahapan itu belum sampai," kata Derry, di Gedung Kemlu RI, Jakarta, Kamis, 9 Juni 2016.

Akan tetapi, Derry melanjutkan, proses untuk mencapai pemahaman bersama terhadap kemungkinan sikap bersama ini masih terus berjalan.

Kisruh Freeport, Menteri Jonan: Ini Masih Panjang

"Ada keinginan dari ASEAN sebagai suatu organisasi regional yang dianggap dominan, perlu menyampaikan pandangannya terhadap perkembangan di LCS, khususnya hasil PCA," kata dia.

Derry mengungkapkan kalau Indonesia mendorong ASEAN untuk mengeluarkan sikap atas hasil Pengadilan Arbitrase di Den Haag, Belanda. Meski begitu, bukan suatu hal yang mudah untuk dicapai karena setiap negara memiliki pandangan yang berbeda.

China Gratiskan Persenjataan untuk Filipina
 Ilustrasi sidang di pengadilan.

Pemerintah Diharapkan Inisiasi Revisi UU Arbitrase

Revisi diperlukan agar RI siap hadapi risiko dan penyelesaian sengketa

img_title
VIVA.co.id
28 November 2017