Diplomat Senior: Klaim China Atas LCS Tak Jelas

Salah satu wilayah sengketa di Laut China Selatan.
Sumber :
  • Reuters

VIVA.co.id –  Diplomat senior Indonesia dan Ahli Hukum Internasional, Hasyim Djalal, menjelaskan bahwa ketidakjelasan China atas 9-Dashed Line Laut China Selatan bisa menjadi keuntungan bagi Indonesia. Menurutnya, apa yang selama ini diklaim oleh China dan di mana koordinat Sembilan Garis Putus-putus juga tidak jelas.

Menko Polhukam: RI Waspadai Konflik di Laut China Selatan, Rivalitas AS-China Kian Rumit

"Sejak tahun 1944, Indonesia telah membuat memo yang mempertanyakan di mana letak klaim itu, batasannya di mana, dan apa saja yang diklaim oleh China. Komentar itu juga sudah dilayangkan ke PBB. Namun, tidak ada jawaban pasti dari China," ujar Hasyim.

"Ini lah yang bisa menjadi keuntungan bagi Indonesia, tergantung bagaimana interpretasinya," kata Hasyim dalam Seminar Nasional Tentang Klaim 9-Dashed Line Tiongkok, di Kampus Salemba UI, Senin, 13 Juni 2016.

Ambil Contoh Situasi Laut China Selatan, ISDS Gelar Lomba Penulisan Tentang Kedaulatan

Mantan Duta Besar Indonesia untuk PBB ini mengatakan, pada September 1944, Indonesia telah mengirimkan diplomatik resmi ke China terkait kejelasan peta yang melampirkan titik 9-Dashed Line. Namun hingga kini, China tidak pernah menjelaskannya.

"Indonesia sudah minta penjelasan kepada China tapi tidak ada penjelasan. China hanya mengatakan secara lisan kepada Menteri Alatas saat menjabat sebagai Menteri Luar Negeri Indonesia, bahwa China tidak mempunyai masalah dengan Indonesia," ujar diplomat senior itu.

Waspada! Indonesia Dikepung 2 Negara Pemilik Rudal Tomahawk Pembawa Malapetaka
VIVA Militer: Laksamana John Aquilino

Jiper, Komandan Armada Perang Amerika Anggap China Lebih Ganas dari Nazi

Dengan kekuatan perangnya, China mampu mengubah tatanan dunia.

img_title
VIVA.co.id
26 Maret 2024