Menlu Upayakan WNI Bebas Visa ke Rumania

Menteri Luar Negeri Retno LP Marsudi.
Sumber :
  • ANTARA FOTO/Ismar Patrizki

VIVA.co.id – Menteri Luar Negeri Retno LP Marsudi mengajukan pembebasan visa kunjungan ke Rumania bagi warga negara Indonesia (WNI).

DPR RI Lobi Italia soal Bebas Visa dan Minyak Sawit Indonesia

"Indonesia dan Rumania memiliki hubungan diplomatik dan bilateral yang cukup kuat. Kami juga punya beberapa kerja sama dan potensi lainnya yang sangat mungkin dikembangkan. Saya telah mengajukan permintaan agar memberikan bebas visa untuk WNI," kata Menlu Retno, di Gedung Pancasila Kemlu RI, Jakarta, Rabu, 12 Oktober 2016.

Menurutnya, pembebasan visa penting kaitannya untuk semua lapisan kepentingan. Tidak hanya dalam hubungan antarpemerintah, tetapi penting fondasinya bagi hubungan antarmasyarakat (people to people contact).

Kabar Gembira, WNI ke Brasil Kini Bebas Visa

"Kita sudah lebih maju untuk menerapkan bebas visa kunjungan singkat bagi warga Rumania. Memang bisa dikatakan pada praktiknya ini tidak berimbang. Dibandingkan negara ASEAN lain, Indonesia harusnya menjadi prioritas untuk pemberian bebas visa," ungkap dia.

Menanggapi permintaan Menlu Retno, Menteri Luar Negeri Rumania, Lazar Comanescu, mengaku akan meninjau kembali dan berkomitmen untuk secepatnya memproses bebas visa.

Ke Korsel, DPR Upayakan Bebas Visa bagi WNI

"Mudah-mudahan dalam waktu dekat akan ada kabar baik soal ini," terangnya. Dalam kunjungan perdananya ke Jakarta kali ini, Menlu Comanescu membawa beberapa delegasi bisnis di bidang energi, konstruksi, customer goods dan pertanian.

Negara Bebas Visa

Kabar Baik! Intip Negara Bebas Visa Tahun 2020

Ketentuan visa dibuat oleh pemerintah dari negara setempat.

img_title
VIVA.co.id
30 Maret 2020