Saksikan Pilpres Amerika, Live di tvOne

Donald Trump (kiri) dan Hillary Clinton (kanan).
Sumber :
  • REUTERS/Carlo Allegri0/Carlos Barria

VIVA.co.id – Pemerintah Amerika Serikat pada hari Selasa, 8 November 2016, waktu setempat atau Rabu, 9 November 2016 WIB menggelar hajat besar mereka. Hari itu rakyat AS akan segera menemukan pemimpin baru setelah masa jabatan Barack Obama habis pada bulan November ini.

Donald Trump Ambil Surat Cinta Kim Jong Un dari Gedung Putih

Warga Amerika akan memilih presiden ke-45. Sebanyak 50 negara bagian termasuk Washington DC akan pergi ke tempat pemungutan suara, dalam enam zona waktu yang berbeda di hari pemilihan.

Pemilihan umum di Amerika dilaksanakan oleh pemerintah negara bagian setempat, bukan oleh pemerintah nasional. Dalam hal ini, wilayah yang berbeda meskipun berada di negara bagian yang sama, mungkin memiliki jenis surat suara dan teknologi pemilihan yang berbeda.

5 Fakta Tewasnya Jenderal Qassem Soleimani, Iran Akan Balas Dendam?

Kini, hanya ada sedikit pemilih di AS yang masih menandai surat suara dengan tanda "X", di samping nama kandidat pilihan mereka. Hal ini karena ada banyak wilayah yang menggunakan sistem optik, yang menggunakan mesin untuk memindai kertas surat yang dilengkapi dengan cara dilingkari atau menghubungkan sejumlah garis. Beberapa negara bagian juga menggunakan mesin.

Belakangan ini, beberapa negara bagian juga mengadopsi prosedur yang memungkinkan pemilih menerima surat suara sebelum hari pemungutan suara. Selain itu, sejumlah negara bagian juga mengizinkan penduduknya untuk memilih tiga minggu sebelum hari pemungutan suara, dengan menggunakan mesin di pusat perbelanjaan dan tempat umum lainnya, sehingga pemilih bisa memberikan suara kapan saja.

Donald Trump Siap Luncurkan TRUTH Social, Platform Medsos Tandingan

Siaran langsung tvOne akan diadakan hari ini, 9 November 2016, pada pukul 08.30 WIB. Pembaca VIVA.co.id, bisa menyaksikan langsung bagaimana rakyat Amerika Serikat melaksanakan pemilu untuk mendapat pemimpin baru melalui live streaming yang bisa disaksikan dengan klik link ini.

Anda bisa menyaksikan langsung quick count atau hitung cepat siapa yang akan segera menguasai kursi singgasana, kandidat dari Partai Republik Donald Trump, atau kandidat dari Partai Demokrat Hillary Clinton. Selamat menyaksikan.

Mantan Presiden AS Donald Trump

Donald Trump dan Kedua Anaknya Akan Diperiksa Terkait Penipuan

Mantan Presiden AS Donald Trump dan dua anaknya dipanggil pengadilan karena diduga memperoleh keringanan pajak dan pinjaman melalui penilaian aset yang curang

img_title
VIVA.co.id
18 Februari 2022