Gempa 7,9 SR Guncang Papua Nugini

Gempa Papua Nugini
Sumber :
  • USGS

VIVA.co.id – Papua Nugini diguncang gempa dengan kekuatan yang besar, Sabtu 17 Desember 2016. Negara di Pasifik itu diguncang gempa berkekuatan 7,9 Skala Richter dengan pusat gempa sekitar 46 kilometer area perairan di timur Taron. 

Australia Hentikan Proses Pencari Suaka di Papua Nugini, Ada Apa?

Dikutip dari USAToday, pusat gempa berada di kedalaman 103 kilometer. Pasific Tsunami Warning Center menyatakan, gempa besar itu bisa berpotensi menimbulkan tsunami di Papua Nugini dan area terdekatnya. 

Laman CNN menuliskan, Pasific Tsunami Warning Center kemungkinan tsunami bisa melanda Kepulauan Solomon, Pohnpei, Chuuk, Indonesia, Nauru, Kosrae dan Vanautu. 

KKB Pimpinan Lamek Tablo Bakar Fasilitas Umum di Kiwirok

Atas munculnya gempa tersebut, Pemerintah Selandia Baru juga mengeluarkan peringatan tsunami. 

"Untuk saat ini belum ada evakuasi. Tapi bagaimanapun, tolong tetap menjauh dari pantai menyusul peringatan ancaman tsunami malam ini," tulis Kementerian Pertahanan Sipil dan Manajemen Darurat Selandia Baru dalam akun Twitternya. 

Penangkapan Dua Anggota KSB di Papua Bermula dari Perahu Mencurigakan

Namun kemudian, 20 menit setelah pengumuman potensi tsunami itu, kementerian tersebut mengatakan peringatan dini tsunami telah dibatalkan. 

(mus)

Dandim 1715 Yahukimo Letkol Inf. Cristian Irreuw

Suplai Senjata KKB Penembak Mati Sertu Ari Diduga dari Papua Nugini

Kelompok kriminal bersenjata (KKB) pimpinan Tendius Gwijangge baku tembak dengan prajurit TNI dan menyebabkan satu prajurit TNI gugur.

img_title
VIVA.co.id
22 November 2021