Kedubes Palestina Keberatan Benderanya Dibawa Saat Demo

Bendera Palestina diantara demonstrasi di Jakarta.
Bendera Palestina diantara demonstrasi di Jakarta.
Sumber :
  • Antara/ Ismar Patrizki

VIVA.co.id –  Aksi membawa-bawa bendera Palestina saat demo di Indonesia ternyata membuat Kedutaan Besar Palestina di Indonesia merasa tak nyaman. Mereka mengeluarkan surat pernyataan yang isinya menyampaikan keberatan.

Melalui pernyataan persnya yang diterima VIVA.co.id, pada Rabu, 25 Januari 2017, pihak Kedubes menyesalkan adanya bendera-bendera Palestina yang dikibarkan dalam demo-demo di Indonesia beberapa waktu terakhir. Melalui siaran persnya mereka menyatakan, “Pihak Kedubes menyesalkan setelah mengamati baru-baru ini, bahwa bendera Palestina ikut dikibarkan saat “demo tak damai" yang terkait dengan masalah internal dalam negeri Indonesia. "Sangat jelas ada sikap yang tak bisa diterima dalam arti apapun sebagai sebuah dukungan atau bentuk solidaritas untuk Palestina," demikian pernyataan tersebut.

Rilis Kedubes Palestina soal pengibaran bendera.

Siaran pers itu juga menyampaikan, sahabat Palestina yang sejati dan murni harus jeli untuk menjaga stabilitas dan perdamaian di negaranya masing-masing, jika mereka tulus untuk mewujudkan perdamaian di Palestina.

Sebagai penutup, pihak Kedubes Palestina mengatakan, mereka yakin, rakyat Indonesia tak bisa ditipu oleh kesesatan kelompok atau individu yang menggunakan bendera Palestina untuk menutupi agenda domestik mereka.

Kepada VIVA.co.id yang mengonfirmasi, perwakilan Kedubes Palestina di Indonesia Santi Amalia membenarkan pihaknya mengeluarkan pernyataan tersebut. Diberitakan oleh BBC, Sari Amalia tidak menyebut secara spesifik kelompok atau unjuk rasa tertentu yang membawa bendera Palestina, namun mengatakan ini merupakan pengamatan umum yang tampak pada unjuk rasa tahun 2016 dan awal 2017.