Rusia dan Indonesia Kukuhkan Kerja Sama Militer

Dubes Rusia untuk Indonesia Mikhail Galuzin (berdiri Sendiri).
Sumber :
  • Viva.co.id/Dinia Adrianjara

VIVA.co.id – Rusia dan Indonesia telah menjalin kerja sama di berbagai bidang, salah satunya yaitu dalam bidang militer. Rusia merupakan salah satu negara dengan kekuatan militer terbesar di dunia.

Kabar Baik dari Letjen Prabowo Usai Datangi Pentagon

Atase Militer Rusia untuk Indonesia, Nikolay Nikolayuk mengatakan bahwa Rusia telah lama mendukung politik maupun militer Indonesia, bahkan sejak kemerdekaan yang diraih Indonesia pada tahun 1945. Hal inilah yang menjadi salah satu faktor penguatan hubungan bilateral.

"Tahun lalu pada saat kunjungan Presiden Joko Widodo ke Rusia dan bertemu dengan Presiden Vladimir Putin, telah ditandatangani kerja sama di bidang pertahanan. Sekarang secara bertahap kami akan tingkatkan setiap peluang yang ada," kata Nikolayuk dalam perayaan Hari Angkatan Bersenjata Rusia di Hotel Borobudur, Jakarta Pusat, Rabu 22 Februari 2017.

Panglima TNI Tunda Kerjasama Dengan Amerika, Ada Apa?

Untuk mendukung hal tersebut, saat ini militer kedua negara tengah membahas kerja sama secara lebih konkrit dan bersedia melanjutkan prosesnya bersama-sama dengan pemerintah Indonesia. Kerja sama ini juga diharapkan dapat memberikan keuntungan dan persahabatan lebih dalam antara Rusia dan Indonesia.

Dalam kesempatan yang sama, Duta Besar Rusia untuk Indonesia, Mikhail Galuzin juga mengakui bahwa militer merupakan faktor penting untuk memperkuat pertahanan negara. Dalam hal ini militer Rusia telah berjuang dalam mempertahankan kedaulatan dan melawan aksi terorisme.

Perang Tak Pernah Bisa Jadi Solusi

"Penguatan dan kontribusi militer sangat penting untuk masa depan dinamika sosial, kedaulatan dan ekonomi Rusia. Kami berharap akan ada kerja sama lebih lanjut untuk melawan aksi terorisme baik itu di Suriah maupun di negara lainnya," kata Galuzin.

VIVA Militer: Menhan Prabowo sambut kedatangan Menhan Australia

Prabowo Bertemu Empat Mata dengan Menhan Australia, Ada Apa?

Membahas kerjasama militer dua negara

img_title
VIVA.co.id
5 Juni 2023