Perkokoh Kerja Sama Militer, Rusia Siap Dialog dengan RI

Dubes Rusia untuk Indonesia Mikhail Galuzin.
Sumber :
  • Viva.co.id/Dinia Adrianjara

VIVA.co.id – Duta Besar Rusia untuk Indonesia, Mikhail Galuzin, menegaskan bahwa kerja sama teknis antara Indonesia dan Rusia terkait pertahanan akan diperkuat tahun ini. Berbagai pembicaraan dan pembahasan juga telah dilakukan kedua negara.

Kabar Baik dari Letjen Prabowo Usai Datangi Pentagon

"Sebelumnya sudah dijelaskan bahwa Indonesia tertarik dengan berbagai tipe persenjataan dari Rusia. Kami siap untuk melakukan dialog dengan pemerintah RI terkait hal ini," kata Galuzin, di Jakarta, Senin, 27 Februari 2017.

Menurut dia, kerja sama bilateral kedua negara terutama dalam bidang militer sangat positif dan mengalami kemajuan signifikan. Dalam beberapa waktu terakhir juga telah ditandatangani finalisasi pembelian pesawat tempur Rusia ke Indonesia.

Panglima TNI Tunda Kerjasama Dengan Amerika, Ada Apa?

"Investasi Rusia di Indonesia cukup besar, sehingga kami ingin mengembangkan bidang ini lebih lanjut," ujar dia.

Hal serupa juga diungkapkan Atase Militer Rusia untuk Indonesia, Nikolay Nikolayuk, pada kesempatan terpisah. Menurutnya, Rusia telah lama mendukung politik maupun militer Indonesia, bahkan sejak kemerdekaan yang diraih Indonesia pada 1945.

Perang Tak Pernah Bisa Jadi Solusi

Hal ini yang menjadi salah satu faktor penguatan hubungan bilateral. "Tahun lalu pada saat kunjungan Presiden Joko Widodo ke Rusia dan bertemu Presiden Vladimir Putin, telah ditandatangani kerja sama di bidang pertahanan. Sekarang secara bertahap kami akan tingkatkan setiap peluang yang ada," ungkapnya. (art)

VIVA Militer: Menhan Prabowo sambut kedatangan Menhan Australia

Prabowo Bertemu Empat Mata dengan Menhan Australia, Ada Apa?

Membahas kerjasama militer dua negara

img_title
VIVA.co.id
5 Juni 2023