Interpol Buru Empat Warga Korea Utara

Kim Jong-nam, kakak tiri Pemimpin Korea Utara, Kim Jong-un.
Sumber :
  • REUTERS/Eriko Sugita

VIVA.co.id – Interpol telah mengeluarkan red notice untuk menangkap empat warga Korea Utara yang dicari, sehubungan dengan pembunuhan Kim Jong-nam di Malaysia pada Februari lalu. Polisi Malaysia meminta bantuan Interpol untuk menangkap pelaku.

Korut Rayakan Ulang Tahun ke-80 Kim Jong Il Tanpa Parade Militer

"Kami telah meminta bantuan kepada Interpol untuk menangkap empat warga Korea Utara yang berada di bandara saat kejadian. Kami berharap mereka dapat ditangkap melalui Interpol," kata Kepala Kepolisian Malaysia, Khalid Abu Bakar, seperti dilansir Reuters.

Seperti diketahui, insiden pembunuhan Kim Jong-nam telah berdampak pada krisis diplomatik kedua negara. Korea Utara mempertanyakan penyelidikan yang dilakukan Malaysia dan menolak mengakui bahwa pria yang terbunuh adalah Kim Jong-nam.

Donald Trump Ambil Surat Cinta Kim Jong Un dari Gedung Putih

Berbicara di Kedutaan Korea Utara di Beijing dalam sebuah konferensi pers, diplomat bernama Pak Myong Ho menyalahkan Amerika Serikat dan Korea Selatan.

"Insiden terbaru yang terjadi di Malaysia jelas adalah skema politik AS dan Korsel, yang bertujuan untuk mencoreng reputasi Korea Utara dan menggulingkan rezim DPRK. Satu-satunya pihak yang mendapatkan keuntungan dari kejadian ini adalah negara musuh," kata Pak.

Laporan PBB: Program Rudal Nuklir Korut Didanai dari Pencurian Kripto

Malaysia adalah salah satu dari sedikit negara di luar China, yang selama beberapa dekade terakhir mempertahankan hubungan diplomatiknya dengan Korea Utara. Namun, seiring dengan memburuknya situasi, Malaysia memanggil pulang utusannya di Pyongyang dan mengusir Duta Besar Korea Utara dari Malaysia. (art)

Pemimpin Korea Utara Kim Jong Un dan istrinya Ri Sol Ju,

8 Aturan Aneh yang Harus Dituruti Istri Kim Jong-un, Ri Sol-ju

Ada beberapa aturan aneh yang wajib dituruti oleh Ibu Negara Korea Utara, Ri Sol Ju. Tidak seperti istri dari pemimpin negara pada umumnya.

img_title
VIVA.co.id
22 Februari 2022