Selamatkan Qatar, Iran Kirim 100 Ton Buah dan Sayur

Rak supermarket yang kosong di Qatar.
Sumber :
  • Arab News

VIVA.co.id – Pemerintah Iran mengirimkan empat pesawat kargo ke Qatar dan berencana menyediakan 100 ton buah dan sayuran setiap harinya, menyusul krisis diplomatik yang menimpa negara kaya gas tersebut.

Aksi Tegas! Bolivia Putuskan Hubungan Diplomat dengan Israel

Qatar telah melakukan pembicaraan dengan Iran dan Turki untuk mengamankan persediaan makanan dan air, setelah Saudi, Uni Emirat Arab, Mesir dan Bahrain memutuskan hubungan dengan tuduhan mendukung terorisme.

"Pasca sanksi di Qatar, IranAir sejauh ini telah mengirimkan makanan dan sayuran ke Qatar menggunakan empat penerbangan," kata Humas Maskapai IranAir, Shahrokh Noushabadi, dilansir Independent, Rabu 14 Juni 2017.

Diembargo 4 Negara, Qatar Justru Makin 'Pede'

Seorang diplomat Iran di Qatar mengatakan, tiga pesawat kargo dari Iran mendarat di Qatar setiap hari, membawa sebagian besar buah dan sayuran. Diplomat tersebut juga mengatakan, kapal-kapal telah membawa bahan makanan yang tidak mudah rusak.

Hal senada diungkapkan Kepala Eksportir Ternak Iran, yang mengatakan mereka telah mengekspor 66 ton daging ke Qatar dalam dua hari terakhir. "Kami juga akan mengirim 90 ton daging dalam minggu depan," ujarnya.

Biasanya Bela Saudi dan UEA, Kini Syekh Qatar Minta Tolong

Qatar mengimpor 80 persen kebutuhan makanan dari tetangganya, salah satunya Arab Saudi, sebelum mereka memutuskan hubungan dengan negara tersebut.

Sementara itu, Iran yang sudah lama berseberangan dengan Arab Saudi telah meminta kedua belah pihak untuk mengatasi krisis yang telah terjadi beberapa pekan terakhir. (ren)

VIVA Militer: Bendera Israel

5 Negara Putus Hubungan dengan Israel, Ada Negara NATO

Tragedi kemanusiaan yang terjadi di jalur Gaza membuat banyak negara memikirkan ulang mengenai hubungan diplomatiknya dengan Israel. Negara apa saja yang putus hubungan?

img_title
VIVA.co.id
8 November 2023