Kembaran Kota Pompeii Ditemukan di Prancis

Meneliti reruntuhan Kota Pompeii.
Sumber :
  • REUTERS

VIVA.co.id – Arkeolog menemukan sisa-sisa bangunan dari Kerajaan Romawi Kuno di wilayah selatan Lyon, Prancis. Mereka kemudian menjulukinya sebagai 'Little Pompeii', karena struktur bangunannya mirip dengan kota tua bersejarah Bangsa Osci atau Oscan tersebut.

Geger Makam Orang Kaya Ada di Penampungan Air, Kok Bisa

Bangunan-bangunan seperti villa ditemukan oleh tim arkeolog yang dipimpin Benjamin Clément. Dalam reruntuhan bangunan, Clément menemukan sejumlah perkakas rumah tangga yang ditinggalkan warga yang pergi akibat kebakaran.

Sejumlah villa diperkirakan berasal dari abad satu Masehi, dan distrik ini diyakini telah dihuni sekitar 300 tahun hingga pada akhirnya harus ditinggalkan setelah serangkaian kebakaran melanda kota itu.

Geger Penemuan Lempengan Batu Berisi Pesan Kampanye Pemilu

Selayaknya Pompeii, sebagian besar peninggalan ini terkubur di bawah abu dari sisa-sisa kebakaran yang ternyata membuat awet bangunan.

"Kebakaran besar ternyata membantu melestarikan bangunan dan artefak yang ditinggal warga mengungsi. Situs ini kondisinya sangat baik dan luar biasa," kata Clément, seperti dikutip The Telegraph, Jumat, 4 Agustus 2017.

Heboh Penemuan Tempat Teater Pembacaan Puisi Para Kaisar Romawi Kuno

Ia juga menyebut ragam struktur dan bangunan ini semuanya mirip dengan Pompeii. Clément kemudian memberi contoh sebuah villa yang mendapat julukan Bacchanalian House.

Dikatakan demikian, karena lantai keramiknya menggambarkan Maenads - wanita pengikut Dionisos dan anggota paling penting dalam Thiasos, dan Satyr, sahabat dewa berjenis kelamin pria yang tubuhnya setengah kambing.

Penggalian diperpanjang

Clément dan tim arkeolog meyakini bangunan tersebut adalah rumah seorang pedagang kaya yang berasal dari Fenisia atau dari timur Mediterania.

Sayangnya, lantai pertama rusak akibat kebakaran yang menyebabkan atapnya runtuh. Akan tetapi, sebagian besar bangunan yang lebih rendah serta beberapa perabotan rumah tangga tetap utuh.

"Kami sangat beruntung menemukannya. Dilihat dari kondisi bangunan, kami bisa memperbaikinya mulai dari lantai hingga ke langit-langit. Ini seperti di Pompeii atau Herculaneum," ungkapnya.

Pada bangunan villa lainnya juga ditemukan mozaik bergambar Thalia. Ia merupakan satu dari sembilan Muse (dewa musik, lelagu, dan tarian) yang melindungi komedi dan puisi bergambar.

Sebuah bangunan besar juga telah ditemukan dengan air mancur yang dihiasi Patung Hercules. Menurut Clément, bangunan itu sebuah sekolah filsafat.

Penggalian dimulai pada April-September 2017. Namun, terjadi kesepakatan antara tim arkeolog dengan Pemerintah Kota Lyon.

"Banyaknya penemuan bersejarah ini membuat kami dan pemerintah kota sepakat memperpanjang penggalian hingga akhir tahun ini." (mus)

Halaman Selanjutnya
Halaman Selanjutnya