Heboh Penemuan Tempat Teater Pembacaan Puisi Para Kaisar Romawi Kuno

Teater Pembacaan Puisi Para Kaisar Romawi Kuno
Sumber :
  • Istimewa

VIVA Edukasi – Reruntuhan teater pribadi milik Kaisar Romawi Kuno abad ke-1 Nero yang hilang selama berabad-abad, akhirnya ditemukan di ibu kota Italia, hanya beberapa meter dari Vatikan. Para peneliti menyebut ini sebagai temuan yang luar biasa.

Gus Yahya Sebut Rencana Paus Fransiskus Kunjungi Indonesia Sudah Didengar Sejak 2018

Dilansir dari BBC, Selasa 1 Agustus 2023, Penemuan tersebut diungkapkan oleh pengawas khusus Roma Daniela Porro pada Kamis 27 Juli 2023, waktu setempat. Porro mengatakan situs tersebut merupakan tempat Nero biasa berlatih puisi dan musik.

Teater Pembacaan Puisi Para Kaisar Romawi Kuno

Photo :
  • Istimewa
Aktris Teater Joo Sun Oak Meninggal Dunia, Mati Otak hingga Pilih Donorkan Organ Tubuh

Nero merupakan kaisar Romawi kelima, yang memerintah antara tahun 54 dan 68 Masehi. Mulanya ia menjadi pemimpin yang tidak populer, namun kemudian menjadi lebih dikenal karena ulahnya yang kerap melakukan pesta pora hingga pemborosan.

Situs Nero yang ditemukan mencakup beberapa hal seperti tiang-tiang marmer elegan, dekorasi daun emas, dan ruang penyimpanan dengan sisa-sisa kostum dan latar belakang yang digunakan dalam produksi teater milik Nero.

Pertemuan Presiden Jokowi dengan Paus Fransiskus Tengah Dibahas Kemenlu, Menurut Mensesneg

Menurut Porro, beberapa artefak yang ditemukan menjadi saksi bisu atas penggunaan situs tersebut sebagai area teater, termasuk sisa-sisa kostum, serta tembikar, peralatan memasak, sisir yang terbuat dari tulang, hingga alat pembuat tasbih.

Sebelumnya hanya ada tujuh cawan kaca yang pernah ditemukan pada era tersebut yaitu antara masa pemerintahan Nero dan abad ke-15.

Teater Pembacaan Puisi Para Kaisar Romawi Kuno

Photo :
  • Istimewa

Penggalian ini kemudian menghasilkan tujuh cawan lainnya, beserta piala kaca berwarna dan sisa-sisa tembikar.

Penggalian yang berujung ditemukannya situs tersebut menjadi bagian dari proyek renovasi Palazzo della Rovere di Via Della Conciliazione. Proyek ini akan mengubah bagian dari bangunan era Renaisans menjadi hotel Four Seasons, yang akan dibuka pada 2025, bertepatan dengan perayaan tahun Yubileum Roma.

Halaman Selanjutnya
Halaman Selanjutnya