Keuskupan Agung Jakarta Sebut Paus Fransiskus Akan Kunjungi Indonesia September 2024

Pemimpin Gereja Katolik Paus Fransiskus di Natal 2023
Sumber :
  • AP Photo/Gregorio Borgia

Jakarta – Sekretaris Jenderal Keuskupan Agung Jakarta, Romo V. Adi Prasojo mengatakan pemimpin Vatikan, Paus Fransiskus bakal mengunjungi Indonesia sekitar bulan September mendatang.

Terpopuler: Manfaat Kurma hingga Kasus COVID-19 Melonjak di Singapura

"Ini kan kunjungan kenegaraan, jadi kita ikuti arahan dari pemerintah. Kemungkinan di bulan September. Ya kita doakan semoga jadi ya," kata Romo Adi kepada wartawan di Gereja Katedral, Jakarta, Jumat 29 Maret 2024.

Kendati begitu, Romo Adi belum bisa memberi penjelasan secara detail terkait tanggal pasti kunjungan Paus Fransiskus tersebut. Ia mengatakan pemerintah yang akan mengumumkan secara resmi karena kunjungan Paus Fransiskus juga merupakan kunjungan kenegaraan.

Kisah Haru di Balik Suksesnya Konten Viral Emak-emak Ala Agung Karmalogy

Paus Fransiskus.

Photo :
  • AP Photo/Gregorio Borgia

"Iya September tanggalnya belum bisa kami informasikan. Karena menunggu pengumuman bapak Presiden dan pihak pemerintah," kata dia.

Singapura Alami Lonjakan Kasus COVID-19, Capai 25 Ribu dalam Sepekan

Di sisi lain, Romo Adi menilai kunjungan Paus Fransiskus itu merupakan kunjungan yang ketiga di Indonesia. Ia menyebutkan, kunjungan itu juga merupakan kunjungan bersejarah.

"Dan ini Paus ketiga yang datang ke Indonesia setelah kemerdekaan. Juga perlu teman-teman ketahui beliau sebagai pemimpin tertinggi umat Katolik sedunia, kepala negara Vatikan," kata dia.

Kunjungan itu, lanjut Romo Adi, sebenarnya telah disepakati sejak tahun 2020 silam. Namun, pada tahun tersebut Indonesia sedang dilanda pandemi COVID-19, sehingga kunjungan baru dilakukan tahun ini.

"Sebenarnya rencana kunjungan itu telah disepakati bulan Oktober 2020. Tapi karena kita tahu pandemi mulai Maret jadi istilahnya tertunda bukan batal," tuturnya.

Halaman Selanjutnya
Halaman Selanjutnya