Pemudik Harus Hati-hati, Ada 19 Perlintasan Kereta Api di Brebes Tanpa Palang Pintu 

Perlintasan Kereta Api Sebidang Tanpa Palang Pintu
Sumber :
  • antv/tvone

Brebes – Pemudik diimbau berhati-hati saat melintas perlintasan kereta api (KA) di Brebes, Jawa Tengah. Karena dari 51 perlintasan yang ada, terdapat 19 perlintasan yang tidak dilengkapi palang pintu dan belum dijaga oleh petugas.

Tugas Nokia Sudah Tuntas

Adapun, 19 perlintasan kereta api tanpa palang pintu tersebar di jalur utara maupun jalur selatan di Brebes itu juga belum dijaga oleh petugas.

Padahal, perlintasan kereta api tak berpalang pintu di Brebes, kerap dilalui lalu lalang kendaraan roda dua maupun roda empat,  seperti yang akan menuju Jalur Pantura Brebes.

Ribuan Orang di Brebes Rayakan Kemenangan Indonesia U-23

Meski berada di dekat pemukiman penduduk, namun tidak ada perlintasan palang pintu maupun penjagaan petugas karena keberadaan perlintasan kereta api sebidang ini tidak resmi.

Namun, menjelang arus mudik Lebaran 2024, berbagai upaya terus dilakukan berbagai pihak untuk memperlancar kelancaran arus lalu lintas kendaraan pemudik yang akan melintas.

Gasak Harta Majikan Saat Mudik Lebaran, Pria di Tangerang Ditangkap Polisi

Seperti halnya dilakukan Pemerintah Kabupaten Brebes, Jawa Tengah, yang telah mengeluarkan surat edaran kepada para kepala desa (kades) yang wilayahnya dilintasi jalur rel kereta api (KA) tidak berpalang pintu, untuk menerjunkan personel Linmas di perlintasan rel kereta api sebidang tanpa palang pintu itu.

Perlintasan Kereta Api Sebidang Tanpa Palang Pintu

Photo :
  • antv/tvone

Kepala Dinas Perhubungan Brebes, Budhi Darmawan mengatakan dari 51 perlintasan KA di wilayah Brebes, hanya 12 petugas perlintasan kereta api yang dijaga pihak PT KAI. Sementara 13 titik dijaga oleh petugas Dishub, 12 petugas dari PT. KAI, dan 7 perlintasan sebidang lainnya dijaga pihak swasta. 

"Jadi masih ada 19 perlintasan tanpa palang pintu yang belum dijaga. Untuk itu, kami telah menyurati para kepala desa di masing-masing wilayahnya yang terdapat perlintasan belum berpalang pintu, untuk menempati anggota Linmas nya," kata Budhi dikutip pada Jumat, 29 Maret 2024.

Untuk menghadapi arus mudik Lebaran tahun 2023, Budhi mengungkap pihaknya setidaknya menerjunkan 100 personel yang bertugas menjaga keamanan dan kelancaran arus mudik. 

"Kita menerjunkan 100 personel yang ditempatkan di titik-titik yang memang perlu ada penjagaan pengamanan mudik, termasuk di 13 perlintasan kereta api sebidang yang selama ini dijaga petugas kami" pungkasnya.

Laporan: Tri Handoko

Halaman Selanjutnya
Halaman Selanjutnya