5 Fakta Gurun Negev, Tempat yang Diusulkan Jadi Penampungan Warga Palestina Jika Diusir dari Gaza

Gurun Negev
Sumber :
  • Istimewa

Jakarta – Presiden Mesir Abdel Fattah el-Sisi menyebutkan Gurun Negev sebagai alternatif untuk memindahkan warga Palestina dari Gaza "sampai Israel menghentikan operasinya," mengundang perhatian pada wilayah tersebut. Jared Kushner, menantu Donald Trump, juga menyuarakan ide serupa.

Hamas Melunak, Setujui Konflik dengan Israel Pakai Solusi Ini

Menurut Kushner, tanah di pesisir Jalur Gaza memiliki nilai yang besar dan dapat menghasilkan keuntungan yang signifikan jika dimanfaatkan dengan baik. Namun, kehadiran warga Gaza di sana dianggap menghalangi rencana tersebut.

VIVA Militer: Presiden Mesir, Abdel Fatah el-Sisi

Photo :
  • Al-Monitor
Masuk Jebakan, Tentara Israel Ditembak Mati Sniper Hamas di Gaza Utara

Meskipun begitu, gagasan untuk memindahkan warga Palestina ke sana selalu mendapat penolakan, baik secara regional maupun internasional, menurut para ahli Israel yang berbicara dengan Asharq Al-Awsat.

Bagaimana sebenarnya penampakan Gurun Negev? Apa yang ada di sana? Berikut adalah rangkuman enam fakta menarik tentang gurun tersebut, yang dikumpulkan dari berbagai sumber.

AS Kirim 25 Ribu Makanan Siap Saji ke Jalur Gaza Melalui Udara

Jumlah Populasi Gurun Negev Saat Ini

Gurun Negev, yang meliputi area seluas lebih dari 14 ribu kilometer persegi, berbatasan dengan Yordania di timur dan Gurun Sinai di barat, dipisahkan dari Laut Merah oleh Kota Eilat di selatan. Kota Hebron, di selatan Tepi Barat, merupakan salah satu kota Palestina yang paling dekat dengan utara Negev.

Meskipun luasnya wilayah, penduduknya diperkirakan tidak melebihi 100.000 jiwa. Mereka tinggal di 46 desa, dengan 36 di antaranya tidak diakui oleh otoritas pendudukan.

Meski ada pembangunan permukiman dan proyek militer di wilayah terbatas ini, terutama reaktor nuklir Dimona, komunitas Arab di Gurun Negev menurut laporan media Palestina "mengalami pengabaian oleh otoritas pendudukan Israel."

Pernah Jadi Lumbung Pangan Masa Romawi

Bangunan mewah berusia 1.200 tahun di wilayah Selatan Gurun Negev, Israel.

Photo :
  • Antara

Peninggalan pemukiman prasejarah dan awal sejarah sangat melimpah. Mata panah batu api dari Zaman Batu Akhir (7000 SM) dan peralatan dari Zaman Tembaga dan Perunggu (4000–1400 SM) telah ditemukan di dataran tinggi Negev tengah.

Negev adalah wilayah penggembalaan pada zaman Alkitab. Suku Nabatean dan Semit yang berpusat di tempat yang sekarang disebut Yordania, mengembangkan teknik pembuatan terasering dan konservasi hujan musim dingin, yang menjadikan Negev sebagai kawasan pertanian yang berkembang. Itu adalah lumbung penting Kekaisaran Romawi.

Setelah penaklukan Arab atas Palestina (abad ke-7 M), Negev dibiarkan terpencil. Selama lebih dari 1.200 tahun, negara ini hanya mendukung sedikit populasi suku Badui nomaden.

Ada Sistem Irigasi

Pembangunan pertanian modern di Negev dimulai dengan tiga kibbutzim (pemukiman kolektif) pada 1943. Yang lainnya didirikan tepat setelah Perang Dunia II, ketika proyek irigasi skala besar pertama dimulai.

Berdasarkan Rencana Air Nasional, jaringan pipa dan saluran mengalirkan air dari Israel utara dan tengah ke Negev barat laut, yang memiliki hampir 400 ribu hektare (lebih dari 160 ribu hektare) tanah subur yang subur.

Irigasi, dikombinasikan dengan sinar matahari sepanjang tahun di daerah tersebut, menghasilkan tanaman biji-bijian, pakan ternak, buah-buahan, dan sayuran yang bagus. Penanaman ganda bukanlah hal yang jarang terjadi.

Banyak Sumber Daya Mineral

Bangunan mewah berusia 1.200 tahun di wilayah Selatan Gurun Negev

Photo :
  • Antara

Eksploitasi sumber daya mineral telah mengiringi pembangunan pertanian. Kalium, brom, dan magnesium diekstraksi di Sedom, di ujung selatan Laut Mati, dan tembaga ditambang di Timna.

Terdapat deposit besar bola tanah liat dan pasir kaca untuk industri keramik dan kaca. Pekerjaan fosfat telah dilakukan di Oron dan Zefa dan ladang gas alam di Rosh Zohar. Urbanisasi terjadi setelah pemukiman modern. Beersheba, "ibu kota Negev," adalah kota terbesar di Israel yang tidak berada di sekitar Tel Aviv–Yafo, Yerusalem, atau Haifa.

Kawah Erosi Dapat Ditemukan Jadi Ciri Khas

Dilansir dari Britannica, Gurun Negev merupakan wilayah gersang di bagian selatan Israel dan menempati hampir separuh Palestina (sebelah barat Sungai Yordan) dan sekitar 60 persen wilayah Israel di bawah perbatasan 1949–1967.

Secara geologis, wilayah tersebut merupakan salah satu lipatan timur laut-barat daya dengan banyak sesar.

Negev sangat didominasi oleh batu kapur dan kapur. Ciri uniknya adalah makhteshim (kawah erosi) besar yang memanjang dan dikelilingi oleh tebing tinggi.

Hal ini disebabkan oleh erosi lapisan yang terlipat ke atas (antiklin) yang dikombinasikan dengan tekanan horizontal.

Kawah erosi yang terbesar adalah Makhtesh Ramon, dengan panjang 23 mil (37 km) dan lebar hingga 5 mil (8 km). Selain itu juga ada Ha-Makhtesh Ha-Gadol (kawah besar), dengan panjang sekitar 9 mil (14,5 km) dan lebar hingga 4 mil (6,4 km).

Lantai kawah ini terdapat kapur, napal, dan gypsum yang secara geologis jauh lebih tua dibandingkan dinding atau dataran tinggi di sekitarnya.

Halaman Selanjutnya
Halaman Selanjutnya