Jet Tempur Bomber Rusia Lalu Lalang di Langit Pasifik

Jet tempur Tupolov Tu-95 milik Rusia
Sumber :
  • Wikipedia

VIVA.co.id – Rusia mengirim jet tempur, bomber berkapasitas senjata nuklir terbang di wilayah Samudera Pasifik, Laut Jepang, Laut Kuning dan Laut China Timur.

Meradang Dengar Misi Kim-Jong un, Militer Korsel Bikin Pasukan Anti-Nuklir Korea Utara

Sementara pesawat Jepang dan Korea Selatan juga dilaporkan ikut terbang mendampingi pesawat tersebut sebagaimana dilansir Reuters.

Menteri Pertahanan Rusia menyatakan bahwa pesawat tempur dengan jenis Tupolev-95MS dengan kode "Bear" di NATO itu sengaja terbang di langit perairan netral. Selain itu pesawat fighter Sukhoi-355 dan jet A-50 juga ikut terbang sebagai kontrol.

Korsel Membalas, Rudal Kendali Udara Teror Situs Nuklir Korea Utara

Namun pihak Rusia tidak menyebutkan rinci jumlah pesawat yang dikirimkan terbang di wilayah tersebut dan misi penting yang sedang dijalankan.

Diketahui bahwa pesawat TU-95MS merupakan jet tempur canggih yang bisa mengisi bahan bakar dalam kondisi sedang terbang. Sementara Rusia yang sebagian wilayahnya berbatasan dengan Korea Utara memang menunjukkan kekhawatiran atas ketegangan yang kembali terjadi di semenanjung Korea.

Propaganda Korut, Foto Putri Kim Jong-un di Bawah Rudal Monster

Hal itu dipicu dengan program nuklir Korut yang memantik kemarahan AS dan menyebabkan adanya sanksi baru dari PBB terhadap Korut.

Rusia juga mengeluhkan soal Jepang yang akan menempatkan sistem pertahanan antirudal AS di wilayah negara itu.

VIVA Militer: Pemimpin Tertinggi Korea Utara, Kim Jong-un

Kim Jong-un Hilang Jelang Parade Militer Massal Korea Utara

Ini yang ketiga kali Kim tak datang ke rapat Politbiro Partai Buruh Korut.

img_title
VIVA.co.id
7 Februari 2023