Cuaca Ekstrem Antar Badai Besar Ophelia ke Inggris

Peselancar sengaja menunggu ombak tinggi yang akan dibawa badai Ophelia
Sumber :
  • REUTERS/Clodagh Kilcoyne

VIVA.co.id – Inggris diperkirakan akan dihantam oleh angin kencang dengan kecepatan 115 mph saat salah satu badai terburuk dalam satu dekade yakni badai Ophelia akan tiba di negara itu, Selasa 17 Oktober 2017. Sementara itu suhu hangat mendekati 22 derajat Celsius yang terjadi di selatan akan segera digantikan oleh badai yang disebabkan oleh badai Ophelia kategori 3.

BMKG: Hujan Es Berpotensi Terjadi hingga Maret dan April 2022

Badai yang pernah terjadi hampir 30 tahun lalu yaitu pada tahun 1987 itu telah meninggalkan jejak kehancuran di seluruh negeri tersebut. Angin kencang yang disertai dengan hujan deras akan menciptakan ombak besar setinggi 35 kaki dari pantai barat. 

Sementara Pusat Badai Nasional AS yang memantau badai di Atlantik mengungkapkan bahwa jalur badai ada di sepanjang Irlandia dan Skotlandia.

BMKG: Waspada Cuaca Ekstrem di Sebagian Indonesia Sepekan ke Depan

Badai tersebut saat ini memiliki kecepatan angin maksimum 105 mph yang dapat bertahan dan menimbulkan potensi bahaya ratusan mil dari pusatnya. Pusat Badai Nasional juga telah meminta masyarakat di Irlandia untuk mempersiapkan diri sebelum badai mendekat.

Dilansir Metro, Senin, 16 Oktober 2017, Pusat Badai Nasional juga telah mengeluarkan peringatan cuaca untuk seluruh pantai barat Inggris pada hari ini serta Irlandia Utara dan Skotlandia utara esok hari.

Hujan Deras Landa Kota Malang, 6 Pohon Tumbang Satu Menimpa Mobil

"Angin yang sangat kuat diperkirakan akan menerjang bagian barat Inggris pada hari Senin. Angin selatan kemungkinan akan berembus pada 55-65 mph melintasi sebagian besar daerah. Peringatan dengan potensi embusan 80 mph di wilayah pesisir," demikian pernyataan Pusat Badai AS. (one)
 

Ilustrasi hujan lebat

Waspada, Hujan Lebat dan Petir Terjadi di Sejumlah Daerah Indonesia

Sejumlah daerah itu mulai dari DKI Jakarta, Jawa Barat, Jawa Timur, Bali, Lampung, hingga Sumatera Barat.

img_title
VIVA.co.id
25 Februari 2022