Jepang Simulasi 5 Menit Menyelamatkan Diri dari Rudal Korut

Warga Tokyo simulasi evakuasi demi hadapi rudal Korut
Sumber :
  • REUTERS/Kim Kyung-Hoon

VIVA – Tokyo menggelar simulasi evakuasi dan langkah penyelamatan menyikapi bila ada rudal Korea Utara yang ditembakkan ke Jepang. Simulasi evakuasi dilakukan di stasiun-stasiun kereta api dan di beberapa fasilitas publik pada Senin, 22 Januari 2018 sebagaimana dilansir Reuters.

Korut Kirim Utusan ke Iran, Kira-kira Ini yang Dibahas

Disiapkan pula area shelter bawah tanah di stasiun untuk menjadi tujuan warga apabila peluncuran rudal Korut benar-benar dilakukan. Itu setelah setidaknya dua kali uji coba rudal balistik antarbenua Korut sempat mendarat dan melewati wilayah Jepang.

Lokasi evakuasi di Tokyo juga dipusatkan di area taman dan stadion bisbol Dome di Tokyo. Aksi simulasi ini dikritik oleh sejumlah pihak. Masyarakat yang tak setuju menilai bahwa melakukan simulasi atas rudal sama saja dengan sedang melakukan war game 'permainan perang' yang justru akan memicu ketakutan publik.

Delegasi Korea Utara Kunjungi Iran, Isu Kerjasama Semakin Kuat

Apalagi sejumlah pihak menilai bahwa hubungan kedua negara bisa diperbaiki karena ketegangan bisa dinormalisasi dengan adanya Olimpiade Olahraga Musim Dingin di Korsel yang diikuti oleh Korut.

Namun pemerintah Jepang menilai bahwa pengayaan nuklir dan pembangunan rudal balistik Korut semakin canggih dan karena itu harus disikapi dengan serius.

Deretan Negara Paling Tak Percaya Tuhan di Dunia, Mayoritas di Benua Asia!

"Rudal dari Korut akan bisa tiba di Jepang hanya dalam waktu 10 menit dan tiga menit, setelah rudal meluncur baru ada peringatan. Artinya kami hanya punya waktu sekitar 5 menit untuk menyelamatkan diri," kata otoritas pemerintah Jepang di Tokyo, Hiroyuku Suenaga. (one)
 

Kim Ki Nam (Doc: BBC Internasional)

Ahli Propaganda Terkenal di Korut Kim Ki Nam Meninggal Dunia

Mantan ahli propaganda Korea Utara, Kim Ki Nam dinyatakan meninggal dunia, pada Rabu, 8 Mei 2024.

img_title
VIVA.co.id
8 Mei 2024