Sosok Rachma, ASN Cantik yang Bikin Kasatpol PP Bunuh Pegawai Dishub

Kasatpol PP, M Iqbal Asnan (tengah) saat diamankan polisi di Makassar.
Sumber :
  • VIVA.co.id/ Supriadi M

VIVA - Kepolisian Resor Kota Besar Makassar mengungkap cinta segitiga menjadi motif penembakan terhadap petugas Dinas Perhubungan (Dishub) Makassar, Najamuddin Sewang.

Maknai Semangat RA Kartini, Shandy Purnamasari: Perempuan Tak Cuma Jadi Istri dan Ibu

Ilustrasi/Penembakan

Photo :
  • Pixabay

Terlibat Cinta Segitiga

Praz Teguh Nilai Wanita dari Mata Kaki, Reaksi Netizen Pro Kontra

Sosok wanita berinisial R alias Rachma disebut-sebut menjadi penyebab utama pembunuhan itu terjadi. Rachma menjadi perhatian publik karena disebut-sebut memiliki hubungan dengan korban dan Kasatpol PP Makassar M Iqbal Asnan yang menjadi tersangka dalang penembakan itu.

Informasi dihimpun, R alias Rachma yang diduga dalam kisah asmara yang berujung maut ini ternyata istri siri dari Kasatpol PP Makassar.

Salurkan Gaji hingga THR PNS, Sri Mulyani Sudah Gelontorkan Rp 70,7 Triliun

Rachma adalah istri siri dari Muhammad Iqbal Asnan, wanita yang ada di balik cinta segitiga tersebut adalah perempuan yang menjabat kepala seksi di Dishub Kota Makassar.

Baca juga: Sedihnya Wali Kota Karena Kasatpol PP Makassar Terlibat Pembunuhan

Pangkal dari Persoalan

Sebagaimana yang diceritakan oleh Juni Sewang yang merupakan kakak kandung Najamuddin Sewang. Juni menduga jika sosok perempuan R alias Rachma merupakan sebagai pangkal persoalan sehingga terjadi penembakan adiknya.

Juni juga menyebut jika dugaannya kepada kepolisisan bahwa kasus penembakkan yang berujung maut tersebut dikarenakan adanya cinta segitiga.

Dugaan Juni terdapat rasa cemburu yang timbul dari Iqbal Asnan kepada Najamuddin. Hal tersebut karena Najamuddin sebagai korban dalam kasus penembakkan memiliki kedekatan dengan Rachma karena berada dalam satu instasi jabatan yang ada di Dishub Makassar.

Minta Jangan Dekati Rachma

Apalagi sebelumnya, Iqbal Asnan pernah menyampaikan pesan ke Juni yang meminta agar adiknya tidak mendekati Rachma lagi.

"Pak Iqbal pernah telepon saya dan bilang, 'kalau bukan adikmu, saya habisi'," katanya kepada awak media Minggu, 17 April 2022.

Karena ancaman tersebut, Juni pun sontak langsung melakukan telekonferensi dengan Iqbal Asnan dan adiknya. Saat itu, dia menanyakan langsung kedekatan adiknya dengan R.

"Dari hasil konfirmasi saya itu ternyata adik saya bilang tidak ada hubungan apa-apa dengan perempuan itu," katanya.

Ia pun sudah mengingatkan kepada adiknya untuk tidak mendekati Rachma. Apalagi, Najamuddin sudah memiliki istri bernama Rovida Setya Ikhsani.

"Saya bilang ke dia (Najamuddin), kalau ada kedekatan dengan perempuan dimaksud sebaiknya segera hentikan," katanya.

Kakak Senior Saat Kuliah

Juni Sewang menyampaikan bahwa sosok R yang dikenal sebagai istri siri dari Kasatpol PP Makassar dulunya bertugas di lingkungan Pemkot Makassar sebagai ASN. Ketika belum menjadi ASN pun sudah mengenal Iqbal Asnan sebagai kakak senior saat berkuliah di Universitas 45.

Iqbal Asnan pun mengenalkan Rachma kepada Juni dengan khusus. Mereka diketahui sudah berteman sejak lama ketika masih di bangku kuliah.

Juni Sewang menyampaikan bahwa mereka berdua sudah menjalin asmara sejak lama dan dikenalkan oleh Iqbal sebagai istri sirinya. Hal ini karena Juni mengetahui bahwa istri sahnya Kasatpol PP ini bernama Ekayani Prativi yang juga merupakan ASN Pemkot Makassar dan saat ini menjabat Lurah Paccerakkang, Kecamatan Biringkanaya.

"Mereka sama-sama punya istri sah, almarhum adik saya juga ada, dan bapak Iqbal juga istri sahnya ASN Pemkot, yang jabat lurah sekarang," katanya.

Polisi Tangkap Kasatpol PP

Sebelumnya, polisi menangkap Kepala Satuan Polisi Pamong Praja Makassar Iqbal Asnan. Orang nomor satu di Pamong Praja Makassar itu ditangkap lantaran diduga telah terlibat penembakan maut petugas Dishub Makassar Najamuddin Sewang.

Iqbal Asnan ditangkap di sebuah rumah di Jalan Muhammad Tahir, Kota Makassar, pada Sabtu, 16 April 2022, sekitar pukul 16.00 WITA. Polisi menyebut jika Iqbal diduga kuat sebagai pelaku penembakan maut tersebut.

Iqbal ditangkap oleh Tim Khusus yang dibentuk Kapolda Sulsel, Irjen Pol Nana Sudjana. Hadir dalam penangkapan tersebut, Kapolrestabes Makassar, Kombes Pol Budhi Haryanto, Kasat Reskrim Polrestabes Makassar, AKBP Reonald Simanjuntak, serta beberapa personel Jatanras, Propam, dan Brimob.

Usai ditangkap, Kasatpol PP Makassar Muhammad Iqbal Asnan pun resmi jadi tersangka terkait kasus penembakan maut petugas Dishub Makassar Najamuddin Sewang.

Polisi menyebut jika Kasatpol PP Iqbal Asnan dijadikan tersangka bersama 3 orang lainnya.

"Jadi malam ini kami umumkan, para tersangka yang kami beri inisial, pertama adalah S, yang kedua adalah MIA (Muhammad Iqbal Asnan), yang ketiga AKM, dan yang keempat adalah A," ujar Kapolrestabes Makassar Kombes Budi Haryanto dalam keterangannya di Mapolrestabes Makaassar, Sabtu, 16 April 2022.

Budi menjelaskan jika penetapan tersangka terhadap Iqbal beserta 3 orang lainnya berdasar dari hasil penyelidikan dan memeriksa 20 orang saksi.

"Penetapan tersangka ini kami lakukan setelah sejumlah saksi yang sudah kita periksa sebanyak 20 orang dan hasilnya 4 orang ini kita tetapkan sebagai tersangka," katanya.

Sebelum menjabat Kasatpol PP, Iqbal Asnan adalah Plt Kepala Dinas Perhubungan Kota Makassar, tempat di mana mendiang Najamuddin Sewang terakhir mengabdi sebagai petugas Dishub bagian PRC.

Halaman Selanjutnya
Halaman Selanjutnya