Eks Napi Teroris yang Culik 12 Anak Pernah Bakar Rumah Uje

Penculik anak lintas Jakarta-Bogor ditangkap polisi
Penculik anak lintas Jakarta-Bogor ditangkap polisi
Sumber :
  • VIVA / Muhammad AR (Bogor)

VIVA – Polres Bogor mengungkap jejak kriminal yang pernah dilakukan Abi Rizal Afif (ARA), eks narapidana atau napi teroris yang melakukan penculikan12 anak di Bogor dan Jakarta. Saat diamankan, pelaku merampas handphone milik anak-anak dan memiliki 4 sepeda motor.

"Jadi dari pengakuan tersangka yang kami peroleh, bahwa tersangka telah melakukan beberapa serangkaian tindakan pidana. Pada tahun 2014 melakukan pembakaran terhadap rumah dari Istri almarhum Ustaz Jefri. Ditahan," kata Kasat Reskrim Polres Bogor, AKP Siswo DC Tarigan, di Polres Bogor, Jumat 13 Mei 2022.

Selanjutnya, kata Siswo, pada tahun 2019 terlibat kasus kerusuhan di Kantor Bawaslu Jakarta terkait Pilpres 2019.

"Jadi tersangka tersebut keluar masuk penjara beberapa kali. Pada saat kerusuhan Bawaslu juga ditahan," jelasnya.

Kapolres Bogor AKBP Iman Imanuddin mengatakan, pengakuan itu berdasaekan berita acara terhadap tersangka. Di mana pelaku mengakui beberapa tindak pidana yang menyeretnya ke penjara

"Iya (membakar rumah Ustaz Uje) dan bersangkutan juga mengakui keterlibatannya terhadap kerusuhan tahun 2019 di Bawaslu," jelasnya.

Dari hasil penyelidikan, terungkap juga bahwa pelaku melakukan hipnotis dan mendoktrin anti pemerintah kepada korban.

Dalam rekam jejak Abi pernah tergabung dalam organisasi Hizbut Tahrir Indonesia (HTI) dan juga pernah mengikuti pelatihan di Poso.