Polisi: Rudolf Sempat Cari Apartemen yang CCTV Sedikit untuk Bunuh Icha

Pelaku Rudolf Tobing bawa troli isi mayat rekannya, Icha.
Sumber :
  • Istimewa

VIVA Kriminal – Polda Metro Jaya telah menangkap dan menetapkan sebagai tersangka Christian Rudolf Tobing (36), karena telah membunuh sekaligus membuang jasad Ade Yunia Rizabani atau Icha (36) di Kolong Tol Becakayu, Kota Bekasi.

Followers TikToker Gali Loss Melejit Buntut Konten Hewan Ngaji, Polisi: Dia Tak Berpikir Panjang

Direktur Reserse Kriminal Umum (Dirkrimum) Polda Metro Jaya, Kombes Pol Hengki Haryadi mengatakan bahwa Rudolf sempat mencari sebuah apartemen yang di dalamnya hanya kedapatan sedikit CCTV. Pasalnya, hal itu dilakukan untuk membunuh Icha dengan maksud tidak diketahui siapapun.

"Bahwa perbuatan pidana ini pertama terkait pembunuhan berencana, direncanakan, tadinya yang bersangkutan akan mencari tempat di apartemen yang sedikit CCTV nya. Ada satu tempat di Jakarta Selatan namun saat itu penuh, kemudian beralih ke TKP. sudah disurvei oleh yang bersangkutan," ujar Hengki di Polda Metro Jaya, Senin 24 Oktober 2022.

Polisi Periksa 13 Saksi Kasus Tewasnya Anggota Polresta Manado di Mampang Jakarta Selatan

Pelaku Rudolf saat mengambil troli untuk mengangkut jasad Icha.

Photo :
  • Istimewa

Setelah memilih sejumlah apartemen, akhirnya Rudolf mendapatkan sebuah apartemen di kawasan, Jakarta Pusat.

Akun TikTok Disita, Polisi Pastikan Galih Loss Belum Dapat Untung dari Kontennya

"Iya memang dia sewa apartemen hari itu saja sebagai tempat eksekusi," ujar Direktur Reserse Kriminal Umum Polda Metro Jaya, Kombes Pol Hengki Haryadi kepada wartawan, Jumat 21 Oktober 2022.

Sementara itu, Kasubdit Jatanras Polda Metro Jaya AKBP Indriwienny Panjiyoga mengatakan bahwa Rudolf sempat memilih sejumlah apartemen di kawasan Jakarta.

Meski demikian, akhirnya Rudolf memilih sebuah apartemen yang berlokasi kawasan Pramuka, Cempaka Putih, Jakarta Pusat. 

"Jadi pelaku menyewa Rp 300 sampai Rp 400 ribu sehari. Dia datang pagi-pagi di sana buat nyewa apartemen. Setelah ganjil genap selesai korban dijemput," kata dia.

Tersangka pembunuhan Rudofl Tobing

Photo :
  • VIVA/Zendy Pradana

Diketahui sebelumnya, Direktur Reserse Kriminal Umum Polda Metro Jaya, Kombes Pol Hengki Haryadi mengatakan, ternyata pelaku memang sengaja menyiapkan peralatan untuk buang jasad Ade Yunia Rizabani (36). 

Christian Rudolf Tobing (36) diketahui memang telah menyiapkan sebuah plastik berwarna hitam untuk buang jasad Icha. Maka dari itu, Rudolf terlihat santai saat membawa jasad Icha keluar dari apartemen.

"Pertama jasad korban dibungkus plastik lalu dimasukkan ke dalam troli dan ditutup bantal," ujar Hengki kepada wartawan, Jumat 21 Oktober 2022.

Seperti diketahui, jasad Ade Yunia Rizabani (36) ditemukan terbungkus plastik hitam di Jalan Kalimalang, Pondok Gede, Kota Bekasi.

Lanjut Hengki, setelah di bungkus dengan plastik hitam, Rudolf langsung membawa Yunia keluar apartemen menggunakan troli. Kemudian, jasad Icha juga ditumpuk menggunakan bantal

Rudolf membawa jasad korban dengan santai. Tidak ada rasa panik yang muncul dari gerak-gerik pelaku.

Hengki mengatakan sejumlah penghuni apartemen yang berjumpa pelaku pun tidak menaruh curiga dengan troli berisi jasad Yunia yang dibawa oleh pelaku.

"Memang sempat berpapasan dengan penghuni apartemen lainnya namun tidak ada yang curiga karena jasad korban ditutup plastik dan bantal," ucap Hengki.

Halaman Selanjutnya
Halaman Selanjutnya