Pembobol ATM di Sulawesi Barat Senilai Rp 50 Juta Ditangkap, Pelakunya Karyawan BUMN

Polisi tangkap dua pelaku pembobol ATM di Majene.
Sumber :
  • VIVA/Supriadi Maud.

VIVA Kriminal – Polisi meringkus 2 pria yang menguras uang di mesin Anjungan Tunai Mandiri (ATM) di Kantor Bupati Majene Sulawesi Barat (Sulbar). Kedua pelaku ditangkap bersama barang bukti berupa uang senilai Rp 50 juta hasil pembobolannya di ATM.

Perkuat Penegakan Hukum, Holding BUMN Jasa Survei Gandeng Kejaksaan

Kapolres Majene AKBP Febryanto Siagian mengatakan bahwa aksi pembobolan ATM ini sebenarnya dilakukan oleh tiga orang hanya saja satu dari mereka masih dalam pengejaran atau buron.

"Pelakunya ada 3 sebenarnya. Sementara ini kita tangkap 2 pelaku. Satu pelaku lainnya masih dalam penngejaran," kata Kapolres Majene AKBP Febryanto Siagian kepada wartawan saat menggelar jumpa pers di Mapolres Majene, Jumat 4 November 2022.

Holding PTPN Gelontorkan Bantuan Buat Korban Banjir Bandang Luwu

Ilustrasi ATM

Photo :
  • Instagram@terangmedia

Febryanto menjelaskan,  ketiga pelaku ini tidak hanya beraksi di satu tempat. Sebelumnya, para pelaku juga telah menguras mesin ATM Kampus Unsulbar dan Kampus STAIN Majene pada Minggu dan Senin malam lalu.

Eks Anak Buah SYL Ungkap BPK Minta Uang Terbitkan WTP Kementan, KPK Diminta Lakukan Ini

Adapun ketiga pelaku ini yakni masing masing berinisial LN (35), RS (49), dan HS. Pelaku HS yang saat ini menjadi buronan usai kedua rekannya tersebut ditangkap.

"Jadi mereka ini sudah beraksi di beberapa tempat termasuk di beberapa kampus, lalu di kantor Bupati," katanya

Dijelaskannya lagi, para pelaku beraksi dengan memiliki peran berbeda. Pelaku LN yang berprofesi sebagai eksekutor karena sesuai dengan profesinya sebagai teknisi perawatan mesin ATM di perusahaan BUMN. Sementara RS dan HS sebagai pemantau kondisi saat beraksi.

"Jadi pelaku LN ini yang bobol karena memang profesinya sebagai teknisi perawatan mesin ATM di perusahaan BUMN. Sedangkan tugas RS dan HS  menjaga atau mengawasi situasi di sekitar galeri ATM saat mereka beraksi," ungkapnya.

Ilustrasi orang mengambil uang di ATM.

Photo :
  • Businessinsider.com

Adapun total uang yang dikuras, kata Febryanto, total yang didapat mereka sebanyak Rp 50 juta dan mereka diamankan bersama jumlah uang itu di lokasi batas Majene dan Mamuju.

"Total uang yang dicuri sebanyak Rp 50 juta. Dan kedua pelaku diamankan Rabu kemarin di Majene arah ke Mamuju," terangnya.

Dari hasil interogasi, kedua pelaku yang ditangkap mengaku telah beraksi di beberapa tempat. Sebelumnya, mereka melakukan pencurian atau pembobolan uang di sejumlah ATM.

Hingga kini, kedua pelaku dan sejumlah barang bukti berupa satu unit mobil Daihatsu Sigra warna abu-abu, uang tunai puluhan juta, kunci mesin ATM dan 8 tabung oksigen diamankan di Mapolres Majene guna menjalani proses lebih lanjut.

Halaman Selanjutnya
Halaman Selanjutnya