Cara Polisi Ungkap Sosok Keluarga yang Tewas Misterius di Kalideres

Direktur Reskrimum Polda Metro Jaya Kombes Hengki Haryadi di TKP Kalideres
Sumber :
  • VIVA/Andrew Tito

VIVA Kriminal – Polda Metro Jaya bersama ahli psikiatri dan psikologi forensik, akan memprofiling empat orang korban tewas sekeluarga di Kalideres, Jakarta Barat. Profiling keempatnya dilakukan sebagai bagian dari proses penyelidikan kasus itu.

Kata Kepala Bea Cukai Purwakarta Dituding Punya Harta Fantastis

"Tim daripada psikiatri dan psikologi forensik akan bekerja untuk memprofiling secara lengkap terhadap 4 korban yang ataupun pristiwa yang terjadi di Kalideres," ucap Direktur Reserse Kriminal Umum Polda Metro Jaya, Komisaris Besar Polisi Hengki Haryadi kepada wartawan, Kamis 17 November 2022.

Direktur Reskrimum Polda Metro Jaya Kombes Hengki Haryadi di TKP Kalideres

Photo :
  • VIVA/Andrew Tito
Viral Isak Tangis Bocah Pecah Melihat Kepergian Ibunya yang Tewas Dibacok Ayahnya: Kenapa Bukan Aku?

Mantan Kapolres Metro Jakarta Pusat itu mengatakan, profiling bukan cuma guna menguak penyebab kematian mereka. Namun, kata Hengki, juga motif dari peristiwa itu. Dari profiling ini, Hengki berharap motif kematian bisa terungkap nantinya.

"Mencari sebab kematian dan juga motif daripada pristiwa ini oleh karenannya kami juga sudah berkoordinasi dengan absifor, asosiasi psikologi forensik. Insyaallah kami akan temukan, untuk mengetahui motif yang sebenarnya dari peristiwa ini," kata dia.

Sosok Herimen, Jenderal Bintang 2 Polri yang Pernah Tembak Kaki John Kei

Sebelumnya diberitakan, polisi sudah menemukan satu unit mobil jenis Honda Brio milik satu keluarga yang tewas di Kalideres, Jakarta Barat. Mobil ini diduga hilang.

Polisi olah TKP kediaman rumah satu keluarga tewas di Kalideres, Jakbar.

Photo :
  • VIVA.co.id/Andrew Tito

"Sudah," kata Direktur Reserse Kriminal Umum Polda Metro Jaya, Komisaris Besar Polisi Hengki Haryadi kepada wartawan, Selasa, 15 November 2022.

Mobil dengan nomor polisi B 2601 BRK itu ditemukan pada salah satu showroom mobil bekas di kawasan Jakarta Barat. Dimana, kata Hengki, mobil itu dijual oleh salah satu korban dalam kasus ini juga yaitu, Budiyanto Gunawan. Mobil dijual seharga Rp160 juta.

"Dijual ke showroom di Kalideres pada bulan Januari oleh almarhum Budiyanto," katanya.

Penemuan empat jasad yang merupakan satu keluarga di dalam sebuah rumah, gegerkan warga Kalideres Jakarta Barat pada Kamis 10 November 2022.

Keempat orang yang ditemukan tewas dalam kondisi mengering itu yakni Rudyanto Gunawan (71) dan sang istri bernama Margaretha Gunawan (58), kemudian anak dari keduanya bernama Dian (40) dan yang terakhir yakni Budyanto Gunawan, yakni ipar dari Rudyanto.

Polisi olah TKP di rumah satu keluarga tewas di Kalideres, Jakarta Barat.

Photo :
  • VIVA.co.id/ Andrew Tito

Dalam kasus ini, polisi belum bisa menyimpulkan penyebab tewasnya keempat orang itu. Namun berdasarkan dari hasil autopsi, tidak ada tanda kekerasan pada 4 orang itu.

Hasil autopsi juga menunjukkan, waktu meninggal dunia keempat orang itu berbeda-beda. Paling lama, ada yang meninggal dunia sejak tiga pekan lalu. Dalam proses autosi juga diketahui tidak ada zat atau unsur makanan di organ dalam keempat korban tewas tersebut.

Halaman Selanjutnya
Halaman Selanjutnya