Kasus Penipuan Siber Merebak, Polisi Ingatkan Masyarakat Hati-hati Buka Link

Ilustrasi kejahatan siber.
Sumber :
  • Istimewa

Jakarta - Kejahatan siber seperti penipuan melalui media sosial, telepon dan lain-lain semakin marak terjadi di tengah-tengah masyarakat

Kemenkominfo Menggelar Talkshow dengan Tema Jarimu Harimaumu

Panit 1 Subdit Siber Ditreskrimsus Polda Metro Jaya, Ipda Satrio mengingatkan agar masyarakat meningkatkan kewaspadaannya. 

"Dengan tingginya pengguna internet ini dapat atau membuka peluang kejahatan yang terjadi di dunia maya. Jadi harap waspada," kata Ipda Satrio kepada wartawan, Sabtu, 8 Juli 2023.

3 Faktor Cegah Operasi Intelijen Siber, Jangan Terbalik

Ilustrasi pelaku kejahatan siber.

Photo :
  • Pixabay

Ipda Satrio pun memberikan tips-tips menghindari bahaya kejahatan siber. Salah satu tipsnya untuk tidak mengklik apapun link atau tautan dari orang yang tidak dikenal.

Kemenkominfo Mengadakan Chip In “Periksa Fakta Sederhana”

"Kesimpulannya kita harus waspada bila menerima SMS, kabar dari nomor atau website, link tertentu yang tidak kita kenal," kata Satrio.

Para pelaku kejahatan siber disebut Satrio kerap beraksi di waktu-waktu tertentu. Karena itu, dia mengimbau agar selalu waspada.

"Pelaku mengirimkan di saat kita lengah secara pikiran. Kita belum fresh, kita membuka hp itu tadi, akhirnya kita ikut saja. Ikuti sumber informasi dari penyelenggara dari tiket dan lain sebagainya," imbuhnya.

Halaman Selanjutnya
Halaman Selanjutnya