Polisi: Penipu di Medsos Banyak Enggak Jago IT, Cuma Lulusan SD

Perwira Unit 1 Subdirektorat Siber Direktorat Reserse Kriminal Khusus Polda Metro Jaya, Ipda Satrio.
Sumber :
  • VIVA/Foe Peace

Jakarta - Pelaku kejahatan penipuan di media sosial seperti modus jasa titip (jastip) tiket konser Coldplay rata-rata tak punya kemampuan teknologi informasi atau IT yang mumpuni. Hal tersebut dibeberkan Perwira Unit 1 Subdirektorat Siber Direktorat Reserse Kriminal Khusus Polda Metro Jaya, Ipda Satrio dalam diskusi Forum Wartawan Polri Polda Metro Jaya bertajuk 'Waspada Kejahatan Siber, Masyarakat Harus Apa?'.

Akun TikTok Disita, Polisi Pastikan Galih Loss Belum Dapat Untung dari Kontennya

"Untuk kasus-kasus penipuan ini yang beberapa kali kita hadapi tidak semua orang yang melakukan penipuan itu orang yang jago atau orang yang pandai dalam hal IT," kata dia kepada wartawan, Jumat, 7 Juli 2023.

Modus penipuan online

Photo :
  • Humas BRI
Judi Slot Higgs Domino dan Royal Dream Dibongkar Polisi, Omzetnya hingga Rp 30 Miliar

Dia mengatakan sebagian besar terjadinya kejahatan penipuan di medsos karena keteledoran korban. Dari beberapa pengungkapan kasus penipuan lewat medsos, pihaknya baru mendapati satu pelaku yang memang punya kemampuan IT cukup mumpuni. Sisanya, cuma orang biasa yang memanfaatkan momentum seperti ramainya peminat konser band asal Inggris, Coldplay. 

Bahkan beberapa di antaranya hanya lulusan sekolah dasar alias SD. Untuk itu, dia meminta masyarakat agar lebih waspada terlebih dalam melakukan transaksi dengan pihak-pihak yang tidak jelas asal usulnya di medsos.

Pengakuan TikToker Galih Loss Soal Video Diduga Menistakan Agama: Saya Menyesali Semua

"Ada di daerah Sulawesi sana saya mendapati itu cuma satu orang yang punya kemampuan biasa memprogram itu satu orang. Itu disebut mekanik di sana. Kalau pelaku-pelakunya SD aja nggak lulus banyak," ucapnya.

Rilis TikToker Galih Loss Soal Video Diduga Menistakan Agama

Followers TikToker Gali Loss Melejit Buntut Konten Hewan Ngaji, Polisi: Dia Tak Berpikir Panjang

TikTokers Galih Loss ditangkap polisi buntut kontennya yang diduga menistakan agama Islam. Ia terancam 6 tahun penjara

img_title
VIVA.co.id
27 April 2024