Waspada, Ini Jam-jam Penipuan Lewat WA Terjadi, Terutama Menjelang Tidur

WhatsApp.
Sumber :
  • Getty Images

Jakarta - Polisi mengungkap pelaku penipuan lewat aplikasi WhatsApp beraksi pada waktu tertentu guna mempermudah mengelabui korbannya.

Waspada, Masyarakat Jangan Tertipu Ditawarkan Berangkat Haji Gunakan Visa Non Haji

Hal tersebut diungkap Perwira Unit 1 Subdirektorat Siber Direktorat Reserse Kriminal Khusus Polda Metro Jaya, Ipda Satrio dalam diskusi Forum Wartawan Polri Polda Metro Jaya bertajuk 'Waspada Kejahatan Siber, Masyarakat Harus Apa?'. Dia mengatakan kalau pelaku melancarkan aksinya pada jam bangun dan menjelang tidur.

“Biasanya pelaku mengirimkan pada saat di waktu tertentu. Contohnya biasanya kalau saya sudah melakukan BAP kapan terjadinya ya, itu biasanya jam 19.00 WIB, terus menjelang tidur sekitar jam 23.00 WIB, atau pagi pada saat dia bangun pagi jam 07.00 sampai 08.00 WIB,” kata dia kepada wartawan, Jumat 7 Juli 2023.

Daihatsu Xenia Hilang Kendali Diduga Jalan Licin, Berakhir Nyungsep

Ilustrasi - Modus penipuan menggunakan sistem aplikasi melalui ponsel.

Photo :
  • ANTARA/ Imam Budilaksono.

Dia mengatakan, pada jam-jam tersebut calon korban lengah. Sehingga, bakal mempermudah mengelabui korban.

Juru Parkir Liar Minta Bayar, Polda Metro Jaya Minta Masyarakat Lapor: Masuk Ranah Pidana

“Pelaku mengirimkan di saat kita lengah secara pikiran. Kita belum fresh, kita membuka HP itu tadi, akhirnya kita ikut saja. Ikuti sumber informasi dari penyelenggara (pelaku) dari tiket dan lain sebagainya,” ucapnya.

Kata dia, pelaku penipuan lewat WA dan medsos disebut selalu memakai modus yang sama. Untuk itu, dirinya mengimbau kepada masyarakat agar segera melapor jika ada kecurigaan mengenai penipuan lewat medsos untuk mempermudah mengusut kasus itu. Selain itu, ia meminta agar masyarakat selalu waspada jika menerima pesan dari seorang yang tak dikenal guna mencegah terjadinya tindak pidana penipuan lewat medsos.

"Praktik penipuan modusnya sebenarnya itu-itu saja. Hanya dia berganti model,” katanya lagi.

Halaman Selanjutnya
Halaman Selanjutnya