Sosok MNZ, Mahasiswa UI yang Tewas Dibunuh Seniornya

Kampus Universitas Indonesia
Sumber :
  • VIVA/Zahrul Darmawan

Depok – MNZ (19) yang ditemukan tewas di kamar kos tercatat sebagai mahasiswa Fakultas Ilmu Budaya Universitas Indonesia (FIB UI). Korban adalah angkatan 2022. MNZ mengambil jurusan Sastra Rusia.

Kasus Taruna STIP Tewas Dianiaya Seniornya, 36 Saksi Sudah Diperiksa Polisi

“(jurusan) Rusia. Korban 22 (angkatan 2022),” kata Kepala Humas dan KIP UI, Amelita Lusia ketika dikonfirmasi, Jumat malam, 4 Agustus 2023.

Pihak kampus mengucapkan bela sungkawa atas peristiwa tersebut. UI menyampaikan prihatin kepada keluarga yang ditinggalkan.

Polisi Gelar Perkara Lagi Kasus Mahasiswa STIP Tewas Dianiaya Senior, Ada Tersangka Baru?

“Inna lillahi wa inna ilaihi rojiun. Kami berduka cita atas peristiwa ini. Kepada keluarga yang ditinggalkan almarhum kami menyampaikan keprihatinan dan bela sungkawa yang mendalam,” ujar Amel.

Ilustrasi pembunuhan.

Photo :
  • Istimewa.
Empat Tersangka Pembubaran Ibadah dan Pengeroyokan di Tangerang Terancam 10 Tahun Penjara

Untuk kasus ini pihak kampus menyerahkan pada yang berwenang. Sedangkan kasusnya saat ini masih didalami kepolisian.

“Kami sepenuhnya menyerahkan penanganan kejadian ini kepada pihak yang berwenang,” ungkapnya.

Dia mengaku bersedia bekerja sama dengan kepolisian jika dibutuhkan. Sehingga titik terang mengenai kasus ini bisa terungkap.

“Jika diperlukan dan sesuai dengan kewenangan UI, tentu kami akan bekerja sama dengan pihak yang berwajib,” katanya.

Wakasat Reskrim Polres Metro Depok AKP Nirwan Pohan mengatakan, pihaknya menerima adanya penemuan mayat di sebuah rumah kos. Kemudian dilakukan pemeriksaan dan ditemukan sosok korban dalam kondisi tak bernyawa.

“Langsung kita ke sana olah TKP, mayat ditemukan terbungkus di kantong plastik warna hitam di bawah kolong tempat tidur, di kamar berantakan tapi ternyata sempat dibersihkan,” katanya.

Peristiwa tersebut diduga terjadi pada Rabu malam, 2 Agustus. Kecurigaan bermula ketika keluarga korban kesulitan menghubungi korban yang baru saja pulang kampung. Korban ada petugas pembimbing

“Karena kemungkinan tidak bisa dihubungi akhirnya ada keluarganya mendatangi kostannya. Tapi tidak bisa membuka kunci akhirnya menghubungi penjaga kost dibuka akhirnya ditemukan (jasad korban),” ujarnya.

Pihaknya sudah memeriksa sejumlah saksi. Barang bukti pun sudah dikumpulkan.

“Diduga kejadian Rabu (2 Agustus 2023) Maghrib, sementara saksi masih kita periksa, ketemu baru hari ini,” ungkapnya.

Korban ditemukan dalam kondisi penuh luka tusuk. Antara lain di dada. Jasadnya dibungkus plastik sampah warna hitam.

“Mayat itu dibungkus kantong sampah hitam, dibungkus dua lapis, ditaruh disimpan di kolong tempat tidur. Jazad korban dibawa ke RS Polri untuk keperluan autopsi,” katanya.

Pelaku Ditangkap

Polisi mengungkap bahwa motif pembunuhan MNZ (19), mahasiswa Fakultas Ilmu Budaya Universitas Indonesia (FIB UI) karena pelaku iri terhadap kesuksesan korban. Selain itu pelaku juga terlilit utang pinjaman online (pinjol) dan belum bayar kamar kos.

“Pelaku iri dengan kesuksesan korban dan terlilit bayar kosan serta pinjol,” kata Kepala Urusan Humas Polres Metro Depok, Iptu Made Budi.

Pelaku adalah AAB (23) yang merupakan kakak angkatan di jurusan yang sama dengan korban. Pelaku menganiaya korban hingga tewas dengan cara ditusuk menggunakan pisau. Korban mengalami sejumlah luka di bagian dada.

“Pelaku mengakui melakukan pembunuhan tersebut dan dalam melakukan pembunuhan tersebut menggunakan pisau lipat,” ungkapnya.

Setelah mengambil benda berharga korban, AAB kemudian memasukkan korban ke kantong plastik hitam untuk menghilangkan jejak. Setelah itu jasadnya disembunyikan di kolong tempat tidur.

“Setelah itu untuk menghilangkan jejak pelaku memasukkan korban ke dalam kantong plastik hitam dan dilakban,” ujarnya.

Halaman Selanjutnya
Halaman Selanjutnya