Komplotan Curanmor di Kawasan Bandara Soetta Dibekuk, Polisi Bongkar Modus Operandinya

Polresta Bandara Soetta, Tangerang, menangkap komplotan curanmor di Soetta
Sumber :
  • VIVA/Sherly

Tangerang – Sebanyak 8 unit sepeda motor berhasil diamankan petugas Polres Bandara Soekarno-Hatta dari tangan para komplotan curanmor (pencurian kendaraan bermotor) yang beraksi dikawasan setempat.

Dugaan Penyebab Anggota Polresta Manado Tewas Bunuh Diri di Dalam Mobil Alphard

Wakapolresta Bandara Soetta, AKBP Raden Muhammad Jauhari mengatakan, motor tersebut merupakan hasil pencurian pelaku curanmor di kawasan Bandara Soetta. Dimana, dalam melancarkan aksinya, para pelaku yang berjumlah 10 orang ini memang mengincar kendaraan bermotor yang terparkir di area Bandara Soetta, Tangerang.

"Mereka ini mengincar kendaraan di kawasan Bandara Soetta, yakni kantor Pos Bandara, area loading dock Indomaret Bandara dan di area SPBU Pertamina dan Shell," katanya, Rabu, 20 September 2023.

Detik-detik Begal Taksi Online di Jakbar Gagal Gegara Portal Komplek Ditutup Semua

Mereka masing-masing berinisial GS, OJ, DH, S, AS, DM, YN, RN, YE dan S. Dimana, dalam melancarkan aksinya di kawasan Bandara Soetta, kesepuluh pelaku menggunakan modus yang berbeda-berbeda.

Polisi Periksa 13 Saksi Kasus Tewasnya Anggota Polresta Manado di Mampang Jakarta Selatan

"Ada dua modus yang mereka lakukan, pertama ada yang melakukan pencurian dengan car memetik (mengambil) langsung kendaraan yang terparkir di Bandara Soekarno-Hatta. Kedua dengan modus berpura-pura sebagai petugas leasing kendaraan bermotor, untuk mengambil paksa kendaraan," ujarnya.

Dari hasil pemeriksaan, para pelaku mengaku bahwa mereka telah beraksi setidaknya di 30 lokasi berbeda di Kawasan Bandara, Jakarta Barat dan Tangerang.

"Mereka beraksi di 30 tempat kejadian perkara. Dan hasil curian itu, mereka jual seharga Rp2 hingga Rp5 juta per unit," ungkapnya.

Atas perbuatan, para pelaku disangkakan Pasal 363 KUHPidana tentang pencurian dengan pemberatan yang ancamannya lima tahun penjara.
 

Halaman Selanjutnya
Halaman Selanjutnya