Polres Depok Amankan Penipu Tiket Konser Coldplay, Begini Modusnya

Polres Depok Tangkap pelaku penipuan tiket konser Coldplay.
Sumber :
  • Galih Purnama/VIVA.

Depok – Jajaran Polres Metro Depok mengamankan seorang penipu tiket konser Coldplay. Pelaku adalah Dharma Sakti (25). Dia diamankan di Kediri, Jawa Timur.

Antisipasi Letusan Lebih Besar, 5.000 Korban Erupsi Gunung Ruang Dilarang Tinggalkan Pengungsian

Wakil Kasat Reskrim Polres Metro Depok, AKP Markus Simaremare mengatakan, kasus ini bermula ketika korban melihat status di Instagram temannya yang bernama Galang menjual tiket konser Coldplay. Korban pun tertarik dan minta dimasukkan dalam sebuah grup.

“Tersangka memberi tahu agar dibuatkan grup untuk pembelian tiket. Selanjutnya ada tiga orang lagi sebagai korban termasuk dari tersangka termasuk dalam grup Whatsapp,” katanya, Jumat, 24 November 2023.

Korban Banjir Bandang Brasil Bertambah Menjadi 83 Orang

Coldplay Konser di Jakarta, Chris Martin

Photo :
  • VIVA/M Ali Wafa

Mereka dijanjikan bisa mengusahakan tiket konser Coldplay yang dilaksanakan 14 November kemarin. Kemudian mereka menyetorkan uang.

Kepsek SMKN 1 Nisel Ditahan Polisi Terkait Kasus Penganiayaan Siswa, Ini Kata Kadisdik Sumut

“Ada pemesanan di Cat 5 dan Cat 3, dengan total kerugian Rp11 juta. Cat 5 dibayar Rp 2,5 juta kemudian Cat 3 Rp 6 juta. Jadi empat orang menyetor sebesar Rp 11 juta,” ujarnya.

Pelaku memberikan kode booking pemesanan E-Ticket pada korban untuk bisa ditukarkan dengan tiket saat konser. Namun saat korban datang ke Gelora Bung Karno (GBK) untuk menukarkan tiket ternyata tidak bisa.

“Sehingga mereka merasa rugi dan melapor kejadian ke Polres Metro Depok,” tukasnya.

Pelaku mengetahui peretasan ini dari internet. Kode booking pemesanan E-Ticket dibuat sendiri oleh pelaku. Penipuan ini dilakukan seorang diri oleh Dharma.

“Dibuat sendiri, pelaku tunggal,” ungkapnya.

Pelaku sudah menerima uang Rp 11 juta dari korban. Uang itu digunakan untuk keperluan pribadi. Tidak menutup kemungkinan ada korban lain.

“Sementara (kerugian) pelapor Rp 11 juta, kemarin ada korban juga menurut pengakuan pelaku ada dari Medan,” katanya.

Pelaku penipuan tiket konser Coldplay.

Photo :
  • Galih Purnama/VIVA.

Simaremare mengatakan, Dharma tidak berjejaring dengan pelaku penipuan tiket konser Coldplay lainnya yang juga sudah diamankan polisi.

“Sementara tidak ada,” tukasnya.

Saat ini pelaku diamankan di Polres Metro Depok. Dharma dijerat pasal 378 KUHP tentang Penipuan.

Halaman Selanjutnya
Halaman Selanjutnya