Polda Metro Koordinasi dengan Div Hubinter Soal Kendaraan Curian di Pusziad, Ini Alasannya

Wadir Tipidum Bareskrim Polri Kombes Wira Satya Triputra (depan kiri)
Sumber :
  • VIVA/Farhan Faris

Jakarta – Direktorat Reserse Kriminal Umum Polda Metro Jaya koordinasi dengan Divisi Hubungan Internasional (Div Hubinter) Polri perihal kasus kendaraan curian Gudbalkir Pusziad di Buduran, Sidoarjo, Jawa Timur.

Followers TikToker Gali Loss Melejit Buntut Konten Hewan Ngaji, Polisi: Dia Tak Berpikir Panjang

Pasalnya, hal itu guna menangkap pelaku lain yang berada di negara Timor Leste. Hal tersebut diungkap Direktur Reserse Kriminal Umum Polda Metro Jaya, Komisaris Besar Polisi Wira Satya.

"Kami juga mencoba koordinasi nanti dengan Div Hubinter untuk melakukan koordinasi nanti dengan kepolisian Timor Leste, apakah nanti kita bisa menjangkau ke arah ke sana," ujarnya dikutip pada Sabtu, 13 Januari 2024.

Akun TikTok Disita, Polisi Pastikan Galih Loss Belum Dapat Untung dari Kontennya

Sindikat pencurian dan penggelapan ratusan kendaraan tersebut diketahui punya jaringan di Timor Leste. Sebab, mereka menjual kendaraan hasil penggelapan dari dalam negeri ke Timor Leste.

"Tersangka menjualnya di Timor Leste. Mereka mengenal para pembeli di sana melalui akun FB," kata dia.

Gasak Harta Majikan Saat Mudik Lebaran, Pria di Tangerang Ditangkap Polisi

Sebelumnya diberitakan, ratusan kendaraan curian yang ditemukan di Gudbalkir Pusziad di Buduran, Sidoarjo, ternyata mau dijual ke Timor Leste. Hal itu diungkap Direktur Reserse Kriminal Umum Polda Metro Jaya, Komisaris Besar Polisi Wira Satya Triputra.

"Selanjutnya, akan diberangkatkan menuju ke Timor Leste, di mana di Timor Leste ini sudah ada pemesan yang akan menampung di sana," katanya pada Rabu, 10 Januari 2024.

Untuk diketahui, sebanyak tiga orang prajurit TNI ditetapkan jadi tersangka buntut dugaan membantu kasus penggelapan ratusan kendaraan bermotor.

Kadispenad Brigjen TNI Kristomei Sianturi ungkap kasus ratusan motor curian

Photo :
  • VIVA/Foe Peace Simbolon

"Betul sudah ditetapkan sebagai tersangka," ujar Kepala Dinas Penerangan Angkatan Darat (Kadispenad), Brigjen TNI Kristomei Sianturi pada Rabu, 10 Januari 2024.

Adapun, terungkapnya ratusan kendaraan bermotor diduga hasil curian di Gudbalkir Pusziad di Buduran, Sidoarjo, bermula dari pengungkapan kasus pencurian kendaraan bermotor dengan tersangka EL yang ditangani Kepolisian Daerah Metro Jaya, Jakarta.

Pada Juni 2023, tersangka EL diduga kuat meminta bantuan Kopda AS untuk dicarikan tempat penyimpanan kendaraan hasil curian sebelum dikirim ke Timor Leste. Kopda AS lalu berkoordinasi dengan Mayor PKP. Hasilnya, kendaraan hasil curian itu disimpan di Gudbalkir Pusziad, Buduran.

Pada Kamis, 5 Januari 2024, Penyidik Polda Metro Jaya bersama Pomdam V/Brawijaya kemudian menggiring tersangka EL menuju Gudbalkir Pusziad. Di sana, ditemukan 215 sepeda motor dan 49 mobil diduga hasil curian.

Halaman Selanjutnya
Halaman Selanjutnya