Terkuak Identitas Pria Berjaket Polisi yang Ikut Tangkap Saipul Jamil

Kapolres Jakbar Kombes M Syahduddi rilis kasus pemukulan asisten Saipul Jamil.
Sumber :
  • VIVA.co.id/ Andrew Tito

Jakarta -- Polres Metro Jakarta Barat mengungkapkan seorang oknum diduga polisi yang mengenakan jaket hitam bertuliskan ‘Polisi’ di bagian punggungnya saat ikut menangkap Pedangdut Saipul Jamil adalah Bripda ABP.

Produksi Tembakau Sintetis, Remaja di Tangerang Ditangkap Polisi

Hal itu diketahui dari hasil pemeriksaan yang dilakukan Divisi Profesi dan Pengamanan Polres Metro Jakarta Barat.

Kapolres Metro Jakarta Barat, Komisaris Besar Polisi M Syahduddi mengatakan, yang bersangkutan adalah anggota Polsek Kalideres. Bripda ABP saat itu hendak pulang setelah tugas sebagai anggota piket Reserse Kriminal.

Pengakuan Mengejutkan Pelaku Tega Cekoki Narkoba Remaja Jaksel Hingga Tewas

"Pada saat melintas di TKP (tempat kejadian perkara), yang bersangkutan melihat ada kegaduhan dan kericuhan. Sehingga dengan naluri kepolisiannya turun dan ikut membantu rekannya," katanya, Jumat 12 Januari 2024.

Polres Metro Jakarta Barat menangkap dua pria pemukul asisten Saipul Jamil

Photo :
  • VIVA/Andrew Tito
Remaja yang Tewas di Hotel Jaksel Ternyata Sempat Kejang usai Dicekoki Narkoba

Namun, dia menegaskan, Bripda ABP bukan pelaku yang memukul dan memaki asisten Saipul Jamil yang bernama Steven. Pelaku pemukulan adalah dua warga sipil yang saat itu lewat di lokasi pengejaran. Keduanya sempat terserempet oleh kendaraan Saipul Jamil saat sedang dikejar polisi. Mereka adalah Ucok (26) dan Usup (23).

"Dua orang tersangka ini juga merupakan korban, yang bersangkutan diserempet dan ditabrak oleh pelaku narkoba (Steven). Sehingga kedua orang ini emosi dan ikut mengejar, membantu polisi untuk menangkap," katanya.

Sebelumnya diberitakan, penangkapan pedangdut Saipul Jamil atas dugaan kasus narkoba sempat membuat heboh media sosial. Pada saat penangkapan yang berlangsung dramatis tersebut, Saipul Jamil terlihat meraung-raung karena takut akan kehadiran beberapa anggota kepolisian tersebut. 

Beberapa anggota polisi yang berasal dari Unit Narkoba Polsek Tambora Jakarta Barat tampak hadir dalam proses penangkapan tersebut. Saipul Jamil diketahui dibekuk kepolisian di Jalur TransJakarta, sekitar Halte Jelambar, Grogol Petamburan, Jakarta Barat. 

Banyak warganet yang menilai bahwa penangkapan Saipul Jamil itu terlihat berlebihan. Seperti dalam video yang viral, tampak Saipul Jamil dibekuk secara paksa dari mobil sampai berteriak histeris. Apalagi, setelah melakukan cek urine, Saipul Jamil dinyatakan bebas narkoba.

Selain soal aksi penangkapan, ada pula seorang oknum diduga polisi yang mengenakan jaket hitam bertuliskan ‘Polisi’ di bagian punggungnya. Bukan hanya itu, pria berjaket polisi itu melakukan aksi arogan dengan memaki-maki Saipul Jamil. 

Saipul Jamil yang duduk di dekat jalur Transjakarta itu sampai memohon-mohon supaya tidak mendapatkan perlakuan kasar dari pria tersebut. Belakangan terkuak bahwa oknum yang menggunakan jaket polisi tersebut ternyata bukan aparat yang sebenarnya. 

"Ada orang diduga anggota menggunakan jaket bertuliskan polisi, itu ternyata bukan anggota Polsek Tambora. Itu akan kami selidiki juga," Kapolres Metro Jakarta Barat Kombes M. Syahuddi saat jumpa pers melansir dari video yang beredar di TikTok.

Halaman Selanjutnya
Halaman Selanjutnya