Aniaya Pengendara Motor di Pangkep Viral, Oknum Polantas Diperiksa Propam

Anggota Lalu lintas Porles Pangkep ajak berdamai pengendara motor yang dihantam pakai helem
Sumber :
  • VIVA.co.id/Supriadi Maud (Sulawesi Selatan)

Viral Keributan Avsec dengan Penumpang di Bandara Soetta, Ini Penjelasan AP II

Pangkep - Viral di media sosial video yang memperlihatkan seorang anggota polisi lalu lintas (Polantas) memukul pengendara sepeda motor. Di video itu, polisi denganĀ  itu melakukan tindak kekerasan kepada salah seorang pria yang tengah duduk di pinggir jalan.

Tampak jelas, oknum polisi tersebut bertindak brutal memukul pria itu menggunakan helm. Kemudian, polisi juga terlihat memaki pria dengan nada tinggi. Warga setempat yang berada di lokasi sempat merekam aksi kekerasan anggota Polri itu dari kejauhan.

Cegah Informasi Simpang Siur, Jemaah Haji Diimbau Tak Bagikan Kabar Tidak Benar di Media Sosial

Menurut informasi, oknum polisi adalah anggota Satlantas Polres Pangkep bernawa Sawir (38). Aksi kekerasan itu terjadi di Jalan Poros Pangkep-Parepare Kecamatan Padoang-doangan, Selasa malam, 7 Februari 2024.

Kasat Lantas Polres Pangkep, Iptu Jumadi membenarkan aksi kekerasan yang viral tersebut. Kata dia, kekerasan itu berawal saat pengendara pria bernama Andy ini melanggar lalu lintas dan diberi sanksi tilang.

Viral, Pria Gorontalo Temani Jenazah Ayah di Dalam Keranda untuk Terakhir Kali

"Benar, awalnya karena pengendara bernama saudara Andy ini melanggar. Jadi, anggota menilang," kata Iptu Jumadi kepada wartawan, Rabu 7 Februari 2024.

Ilustrasi oknum polisi.

Photo :
  • Antara FOTO.

Dia menjelaskan, pengendara motor bernama Andy saat itu melintas berboncengan tiga bersama istri dan anaknya. Saat melintas, Andy tak menggunakan helm dengan kendaraan tanpa nomor polisi atau nopol.

Sawir yang menyaksikan Andy kemudian memberhentikannya. Pemotor itu diarahkan menuju ke pos lantas untuk mengurus surat penilangan.

Kemudian, setiba di pos, Andy melihat ada pengendara motor lain yang juga melanggar tapi tak ditilang. Sontak saja, Andy langsung bertanya dan memberhentikan motor tersebut.

"Diarahkan ke pos karena mau ditilang. Tapi, saat tiba di pos sempat bertanya kenapa motor yang lain yang melanggar tidak ditilang," lanjut Jumadi.

Jumadi menyebut anggota Satlantas yang menilang Andy saat itu langsung emosi karena merasa dibantah. Sontak, oknum polisi itu langsung memukul pakai helm ke Andy. "Ada salah paham memang dari keduanya sama-sama emosi," katanya.

Jumadi mengatakan saat ini keduanya sudah sepakat untuk berdamai. Anggota Satlantas Sawir dan pengendara Andy membuat surat pernyataan untuk saling memaafkan.

"Mereka sudah berdamai dan saling memaafkan. Keduanya sudah sepakat membuat pernyataan untuk berdamai," ujarnya.

Meski sudah berdamai, proses sanksi pun tetap diberikan kepada Sawir. Sebab, kasus viral itu sementara ditangani oleh Propam Polda Sulsel. Kelakuan Sawir viral dan menuai kecaman di media sosial. "Kalau sanksi sementara diproses di kasi Propam," ujarnya.

Halaman Selanjutnya
Halaman Selanjutnya