Ormas Bikin Onar di Kantor Leasing Tasikmalaya-Satpam Dikeroyok, 13 Orang Ditangkap

Ormas PP obrak-abrik kantor leasing di Tasikmalaya
Sumber :
  • tvOne/Denden Ahdani

Tasikmalaya –  Anggota organisasi masyarakat (ormas) mengamuk di sebuah kantor pembiayaan atau leasing yang berlokasi di Kompleks Plaza Asia, di Jalan HZ Mustofa, Kota Tasikmalaya, Selasa, 26 Maret 2024. Mereka juga mengobrak-abrik kantor dan mengeroyok satpam leasing.

Anggota Polresta Manado Ditemukan Tewas di Mampang Sedang Cuti

Aksi keributan oknum anggota ormas berseragam oranye-hitam itu terekam kamera pengawas CCTV yang kemudian viral di media sosial. Dalam rekaman memperlihatkan anggota ormas tersebut merangsek masuk ke dalam kantor dan langsug berbuat onar. Mereka menendang customer, mengobrak-abrik dokumen hingga melempar kursi.

Terlihat pula seorang seorang satpam yang hendak melerai tindakan tersebut, malah dipukuli oleh anggota ormas tersebut hingga terjadi keributan. 

Polisi Ditemukan Tewas di Mampang Jaksel dengan Luka Tembak di Kepala

Tak berhenti di situ, satpam bernama Muhammad Rizki Herlambang yang hendak melerai terus didorong oleh anggota ormas hingga satpam tersebut terpancing emosi sambil memegang tongkat pentungan. Rizki menjadi korban pengeroyokan oknum ormas tersebut.

Ormas PP obrak-abrik kantor leasing di Tasikmalaya

Photo :
  • Ist
Viral, Pria Gorontalo Temani Jenazah Ayah di Dalam Keranda untuk Terakhir Kali

Tidak terima dengan tindakan sejumlah orang yang mengaku dari ormas asal Ciamis itu, Rizki Herlambang melaporkan tindakan tersebut ke polisi.

"Tadi mereka tiba-tiba datang mengamuk, ada banyak yang masuk. Saya kan reflek membela diri memegang pentungan, kemudian mereka mengeroyok saya. Yang kerasa ada delapan kali pukulan, bisa dilihat di CCTV juga," kata Muhammad Rizki Herlambang, saat melakukan pelaporan di Polres Tasikmalaya Kota, Selasa malam.

Rizki menjelaskan, saat kejadian beberapa anggota ormas yang melakukan penyerangan tersebut dalam kondisi mabuk. Pasalnya, dari mulut mereka tercium bau alkohol. 
Tanpa basa basi, para pelaku langsung masuk ke dalam kantor dan membuat kerusuhan. Polisi yang melakukan olah Tempat Kejadian Perkara (TKP) pun menemukan sejumlah botol bekas minuman keras (miras) di lokasi.

Anggota ormas PP obrak-abrik kantor leasing di Tasikmalaya ditangkap polisi

Photo :
  • tvOne/Denden Ahdani

"Tadi mereka sambil mabuk, datang ke kantor tiba-tiba membuat rusuh. Jadi tidak ada basa basi, mereka langsung ngamuk," ucapnya.

Pascakejadian, petugas kepolisian dari Polsek Cihideung dan Polres Tasikmalaya Kota langsung mendatangi lokasi. Polisi langsung menangkap sejumlah anggota ormas yang diduga pelaku pengeroyokan. 

Beberapa anggota ormas ada yang berupaya melarikan diri, namun berhasil dikejar unit Resmob yang mengenakan pakaian preman dan membawanya ke Mapolres Tasikmalaya Kota.

"Iya benar tadi ada kejadian kerusuhan di kantor ACC Plaza Asia. Kami tadi melakukan pengamanan dan olah TKP. Beberapa dari mereka ada yang sempat hendak melarikan diri, tapi berhasil diamankan," kata Kasi Humas Polres Tasikmalaya Kota, Ipda Jajang Kurniawan.

Anggota ormas PP obrak-abrik kantor leasing di Tasikmalaya ditangkap polisi

Photo :
  • tvOne/Denden Ahdani

Akibat insiden tersebut, 13 anggota ormas harus berurusan dengan pihak kepolisian. Mereka pun digelandang ke Mapolres Tasikmalaya Kota guna pemeriksaan lebih lanjut. 

"Alhamdulillah kami sudah amankan tiga belas orang, saat ini masih diperiksa," ujar Jajang.

Hingga kini, belum diketahui pasti penyebab datangnya anggota ormas asal Ciamis itu ke kantor pembiayaan tersebut. Pasalnya, pihak leasing belum berkenan dilakukan wawancara hingga Selasa malam.

Laporan: Denden Ahdani/tvOne Tasikmalaya

Halaman Selanjutnya
Halaman Selanjutnya