Dikira Tugas, Eks Casis Bintara Tewas Dibunuh Anggota POM AL Nias-Mayat Dibuang ke Jurang

Serda AAM pelaku pembunuhan casis TNI AL, warga Nias Selatan
Sumber :
  • tvOne/One Man Halawa

Nias – Serda Pom Adan Aryan, Marsal (AAM) oknum anggota TNI Angkatan Laut (AL), ditangkap satuan POM TNI AL atas tuduhan melakukan pembunuhan berencana terhadap seorang mantan calon siswa (casis) TNI AL bernama Iwan Sutrisman Telaumbanua (22), warga Desa Idanotae, Nias Selatan, Sumatera Utara. 

Alasan Nico Bunuh Wanita Open BO yang Jasadnya Ditemukan di Pulau Pari

Kasus pembunuhan terhadap korban sempat menjadi misteri pihak keluarga karena korban sempat tidak diketahui keberadaannya setahun lamanya. Ternyata, korban telah dibunuh Serda Adan Aryan setahun lalu di wilayah Sawah Lunto, Sumatera Barat.

Demikian disampaikan Komandan Lanal Nias Kolonel Laut Wishnu Ardiansyah saat menggelar konfrensi pers terkait kasus pembunuhan terhadap Casis TNI AL atas nama IST (22 tahun) oleh oknum TNI AL Lanal Nias Serda AAM di Mako Lanal Nias, 30 Maret 2024.

Ibu dan Dua Anak Tertimbun Longsor di Garut, Petugas Kesulitan Lakukan Evakuasi

Danlanal menjelaskan peristiwa pembunuhan ini berawal ketika korban Iwan Sutrisman Telaumbanua, sempat mengikuti seleksi penerimaan anggota TNI-AL gelombang II di Lanal Nias pada 2022 silam. Namun, korban dinyatakan gugur pada tes seleksi atau tidak memenuhi syarat.

Serda AAM (kaos hitam) pelaku pembunuhan casis TNI AL, warga Nias Selatan

Photo :
  • tvOne/One Man Halawa
Rektor UNU Gorontalo Resmi Dilaporkan Polisi atas Kasus Dugaan Pelecehan Seksual

Kemudian, seorang anggota TNI AL bernama Serda AAM yang merupakan personil Pomal di Lanal Nias, kenalan kakak korban, menawarkan bisa meloloskan Iwan Sutrisman untuk menjadi anggota TNI-AL dan ikut seleksi di Padang Sumatera Barat.

Serda AAM menjanjikan kepada pihak keluarga bahwa Iwan Sutrisman Telaumbanua bisa lolos asalkan bersedia memberikan sejumlah uang dengan nilai sebesar Rp 200 juta.

Uang tersebut diserahkan oleh keluarga korban kepada Serda AAM secara bertahap baik secara cash ataupun transfer bank.

Pada 16 Desember 2022, korban Iwan Sutrisman dijemput Serda Adan Aryan Marsal untuk berangkat ke Padang dengan tujuan akan diurus menjadi anggota TNI-AL. Ayah korban, Sawato Telaumbanua mengaku awalnya tidak menaruh curiga dengan pelaku karena sudah mengenal baik dengan keluarga.

Semenjak kepergian korban bersama Serda Adan ke Padang, keluarga Iwan sempat beberapa kali menanyakan kabar anak mereka ke pelaku. Saat itu pelaku sempat berkomunikasi dengan pihak keluarga bahkan mengirim foto lewat WhatsApp sedang bersama korban. Sebelum kemudian korban dibunuh pelaku.

Setiap kali pihak keluarga bertanya tentang keberadaan Iwan Sutrisman selama berbulan bulan pelaku terus memberikan alasan yang masuk akal dan dapat dipercaya oleh keluarga.

Bahkan untuk mengelabui keluarga korban sejumlah foto-foto editan dengan seragam TNI dan sedang dalam pelatihan dikirim pelaku kepada ayah dan ibu korban di Nias.

Foto editan IST mantan Casis TNI AL Nias dibunuh Serda AAM setahun lalu

Photo :
  • Ist

Selama setahun pihak keluarga putus komunikasi dengan korban, bahkan mereka tidak pernah tahu kabar keberadaan Iwan Sutrisman. Sampai akhirnya pihak keluarga membuat laporan ke pihak Lanal Nias hingga akhirnya kasus ini terbongkar setelah Serda Adan Aryan Marsal ditangkap satuannya dan diperiksa.

"Komandan Lanal Nias menindaklanjuti laporan tersebut dengan memerintahkan Dandenpomal agar melakukan pemeriksaan dan penahanan terhadap terduga pelaku Serda AAM," kata Danlanal Nias Kolonel Wishnu Ardiansyah

Kemudian, pada tanggal 28 Maret 2024 mendapatkan pengakuan bahwa Serda AAM bersama seorang warga sipil yaitu MAA telah menghilangkan nyawa IST pada tanggal 24 Desember 2022 sore dengan cara ditusuk dibagian perut menggunakan pisau dan mayatnya dibuang di jurang daerah Talawi Sawahlunto, Sumatera Barat.

Pelaku Serda AAM saat ini telah ditetapkan sebagai tersangka pembunuhan berencana terhadap korban IST dengan ancaman hukuman seumur hidup atau hukuman mati. Pelaku telah ditahan di Lantamal II Padang. Sedangkan dua rekannya warga sipil yang turut membantu aksi pembunuhan tersebut telah diamankan pihak kepolisian di Sawah Lunto Sumatera Barat.
 
"TNI AL menindaklanjuti pengaduan tersebut melalui proses hukum sesuai ketentuan dan akan memberi sanksi setimpal dengan perbuatan yang mencoreng nama baik TNI. Penyidik TNI AL juga bersinergi dengan Polri dalam hal ini Polres Sawahlunto dan Polres Solok. Pihak TNI AL juga berkomunikasi dengan pihak keluarga sebagai pelapor mengenai perkembangan penyidikan," ungkapnya

Komandan Lanal Nias menyampaikan turut berduka cita yang mendalam kepada pihak keluarga korban atas peristiwa tersebut, dan menegaskan pelaku AAM melakukan perbuatannya atas kekuasaannya sendiri dan tidak diketahui sama sekali oleh Komandan dan Mako Lanal Nias.  

Komandan Lanal Nias menyampaikan dengan tegas bahwasannya dalam rekrutmen prajurit TNI AL tidak dipungut biaya apapun dan tanpa gratifikasi dan uang, apabila ada ditemukan oknum mengatasnamakan TNI AL untuk melakukan pemungutan biaya ataupun penyalahgunaan wewenang dalam melakukan rekrutmen agar segera dilaporkan ke Mako Lanal Nias.

Sementara pihak keluarga berharap agar jenazah dapat ditemukan dan dikembalikan kepada pihak keluarga untuk mendapat penghormatan yang layak dengan dimakamkan di tanah kelahiran.

Laporan: One Man Halawa/tvOne Nias

Halaman Selanjutnya
Halaman Selanjutnya