Cara Pilot TNI Lupakan Mantan, Mirip Kisah Bom Atom Jepang

Rudal mantan ala TNI AU.
Sumber :
  • Twitter TNI AU

VIVA – Putus cinta dan ditinggal pergi kekasih merupakan hal yang lumrah di dunia ini. Tapi, kadang orang memiliki cara mereka masing-masing dalam mencurahkan kekecewaannya pada sang mantan.

Mayor Soefirman Meninggal Dunia 49 Hari Usai Tinggalkan Kursi Komandan Pasukan Rudal Elang TNI

Ada yang cari pacar lagi, tapi ada juga yang menangis tersedu. Tak jarang juga ada yang berbuat nekat dengan melakukan tindakan yang mengancam nyawa sendiri. Lalu, bagaimana jika yang ditinggal kekasih ternyata seorang prajurit Tentara Nasional Indonesia?

Kamis, 25 Januari 2018, tepatnya pukul 12.00 WIB, muncul sebuah foto di akun Twitter resmi milik TNI Angkatan Udara. Foto itu diunggah untuk mengingat pengikut di akun itu untuk istirahat, salat dan makan siang.

Prajurit TNI AD Tewas Dikeroyok di Penjaringan Jakut

Tapi, foto yang diunggah ialah foto seorang pilot pesawat tempur TNI AU yang sedang memamerkan rudal-rudal yang terpasang pada sayap kanan pesawat. Hanya saja, itu bukan rudal standar, sebab pada rudal sudah dibubuhi coretan cat semprot yang bertuliskan BYE MANTAN , tulisan ini ditulis terpisah di dua rudal.

Tidak ada keterangan yang jelas, apakah tulisan di rudal itu merupakan bentuk dari luapan kekecewaan prajurit TNI AU,  karena ditinggal kekasih, atau cuma iseng saja.

Kodam: Rachel Vennya Dibantu Paskhas TNI AU saat Kabur Karantina

Karena, prajurit yang menorehkan tulisan itu pada rudal, pada foto tampak tersenyum seakan tak ada masalah pada dirinya.

"Selamat ishoma airmen sekalian, jgn lupa makan supaya kuat menjaga perasaan & menghadapi kenyataan, terlebih krn baru ditinggal mantan".

Nah yang menjadi pertanyaan, jika memang prajurit TNI AU sedang galau karena putus cinta, lalu apakah boleh rudal dicoret-coret seperti di foto.

Seperti yang ditanyakan Arthur Ramadhana ke admin TNI AU, sebagai komentar pada unggahan foto tersebut.

"Airmin, boleh ya coret coret di rudal gitu," tulis Arthur bertanya pada admin TNI AU melalui akun pribadinya @AIR_Rama.

Ternyata menurut TNI AU, rudal itu boleh dicoret karena rudal itu hanya akan dipakai untuk latihan. Rudal itu akan hancur jika mengenai sasaran. Dan dengan adanya tulisan itu diyakini dapat menambah semangat pilot pesawat yang menembakan rudal.

"Itu rudal yg akan digunakan utk latihan pemboman. Karena nantinya juga hancur mengenai sasaran jd diperbolehkan utk dicoret, secara psikologis hal ini bs meningkatkan semangat latihan, apalagi kalau sasarannya dibayangkan sbg rumah sang mantan," jawab admin TNI AU.

FOTO: Bom atom AS saat dijatuhkan di Kota Nagasaki dan Hiroshima.

Apa yang dilakukan prajurit TNI pada rudal mantan ini, sebenarnya juga pernah dilakukan tentara Amerika Serikat, saat terjadi pemboman Kota Nagasaki dan Hiroshima, Jepang, pada 9 Agustus 1945.

Saat bom atom yang dijatuhkan Amerika itu akan dipasang di pesawat pembom, banyak tentara yang menuliskan berbagai kalimat di bom atom itu.

FOTO: Tragedi Pearl Harbor 1941.

Mereka menuliskan berbagai pesan dan juga nama-nama teman, keluarga mereka yang tewas dalam peristiwa serangan udara Jepang ke pangkalan Angkatan Laut Amerika Serikat di Pulau Oahu, Hawaii, barat Honolulu, atau dikenal dengan tragedi berdarah Pearl Harbor.

Konon, pesan itu sengaja ditorehkan pada bom atom sebagai simbol pembalasan dendam atas kepergian orang-orang mereka kasihi, yang tewas di tragedi Pearl Harbor yang terjadi pada tahun 1941.

Halaman Selanjutnya
Halaman Selanjutnya