Polda Jamin, Flyover Pancoran Kurangi 90 Persen Kemacetan

Proses pengerjaan Flyover di Pancoran sisi selatan beberapa waktu lalu.
Sumber :
  • ANTARA FOTO/Sigid Kurniawan

VIVA – Polda Metro Jaya mengklaim ada pengurangan kemacetan hingga 90 persen setelah beroperasinya flyover Pancoran. Meskipun mengurangi kemacetan, pihak kepolisian tetap melakukan rekayasa lalu lintas di sekitar flyover Pancoran.

Erick Thohir Pede LRT Jabodebek Jadi Solusi Bagi Kemacetan dan Polusi di Jakarta

"Sekitar 90 persen, sudah bagus, tapi masih perlu rekayasa lagi. Saya sarankan Trans (bus TransJakarta) karena di situ Trans di bawah dan di ujung flyover akan terjadi kepadatan. Saat ini, dia di bawah kalau di ujung dia ketemu yang dari flyover. Dia nyilang mau masuk jalurnya lagi," kata Direktur Lalu Lintas Polda Metro Jaya, Kombes Pol Halim Pagarra di Mapolda Metro Jaya, Jakarta, Sabtu 27 Januari 2018.

Untuk itu, ia menyarankan bus Transjakrta lebih baik melintasi flyover untuk mencegah kemacetan. Ia juga menyebut akan ada rekayasa berupa pemasangan barrier agar kendaraan dari bawah tidak langsung bersilangan dengan kendaraan yang turun dari flyover.

Kepemilikan Garasi Bakal Jadi Syarat Perpanjangan STNK Mobil

"Iya (bus TransJakarta naik ke flyover). Dia di Kuningan sudah setuju. Jalan lorong yang dari Pancoran itu kita buat rekayasa pakai barrier supaya nggak menyilang langsung ke flyover," ucap Halim.

Lebih lanjut, ia meminta pihak kontraktor flyover Pancoran menyelesaikan tanggung jawabnya seperti memperbaiki jalan berlubang yang ada di bawah flyover. Selain itu, Halim juga menegaskan agar proyek infrastruktur lainnya seperti pembangunan LRT dikerjakan mulai pukul 23.00 WIB sampai pukul 05.00 WIB. Hal ini agar tidak menimbulkan kepadatan lalu lintas.

Kuningan-Mampang 30 Menit, Kapolda Metro Irjen Karyoto: Saya Upayakan Bisa 5 Menit

"Setelah adanya ini (perbaikan jalan yang berlubang) mungkin akhir bulan disanggupi PT Nindya yang melaksanakan flyover, itu masuk ke pembangunan LRT dari PT Adhi Karya. Seluruh proyek infrastruktur seyogyanya pukul 23.00 WIB jalanlan aktivitas kalau tidak bikin kepadatan. Saya pernah tegur pukul 21.00 WIB kemarin malam panjang di Pancoran saya hentikan," kata Halim. (ase)

Viral Kemacetan Parah di Puncak Bogor

Viral Kemacetan Parah di Puncak Bogor, Netizen Cuma Bisa Melongo

Puncak Bogor memang dikenal sebagai tempat berlibur masyarakat Jabodetabek karena miliki cuaca yang membuat adem. Sabtu dan minggu merupakan hari yang biasanya macet.

img_title
VIVA.co.id
19 Desember 2023