Tiga Kelurahan di Jakarta Selatan Terendam hingga 1,5 Meter

Petugas mengevakuasi korban banjir di Pasar Minggu, Jakarta Selatan.
Sumber :
  • Foe Peace

VIVA – Cuaca ekstrem dan air kiriman dari Bogor, Jawa Barat, berdampak pada banjir dan genangan di beberapa titik di Provinsi DKI Jakarta.

KPU DKI Sudah Antisipasi Banjir saat Proses Pemungutan Suara Pilgub 2024

Berdasarkan data dari Kecamatan Jagakarsa, Jakarta Selatan, dilaporkan bahwa tiga kelurahan sudah terendam banjir dengan berbagai ketinggian.

Paling parah terjadi di Kelurahan Tanjung Barat, tepatnya di RT 010, Jalan Lebak, ketinggian air sudah mencapai 150 sentimeter (cm).

40 RT dan 5 Ruas Jalan Jakarta Masih Terendam Banjir

"Kemudian di RT 11 Jalan Lebak mencapai 100 cm, RT 005 Jalan Muara Dalam, RT 004 Jalan Muara, RT 006 Jalan Muara Dalam, dan RT 011 Jalan Gintung. Semua wilayah itu setinggi 100 sentimeter," kata Sekretaris Kecamatan Jagakarsa Mundari saat dikonfirmasi VIVA, Senin 5 Februari 2018.

Untuk dua wilayah lain, Mundari menyatakan, terdapat di Kelurahan Lenteng Agung yang berada di sepanjang pinggir Kali Ciliwung. Rata-rata ketinggian air merendam rumah warga mencapai 30-50 sentimeter.

Petugas Gabungan Pasang Bronjong di Tanggul Jebol Kali Hek Kramat Jati

Laporan itu disampaikan jajarannya mulai pukul 16:00 WIB.

"Kelurahan lain ada di Srengseng Sawah. Ketinggiannya di beberapa RW mencapai 1-1,5 meter," kata dia.

Mundari mengatakan, beberapa keluarga sudah dievakuasi ke tempat lebih aman mengingat adanya informasi mengenai limpahan air dan intensitas hujan hingga sore ini.

Selain itu, untuk logistik, dia sudah meminta kepada pihak terkait  mengirim bantuan berupa makanan bagi warga yang terpaksa mengungsi.

"Permohonan nasi boks sudah disampaikan ke Sudin Sosial Jakarta Selatan," kata dia.

Halaman Selanjutnya
Halaman Selanjutnya