Cara Sandiaga Rayu Warga Kampung Arus Mau Pindah

Wakil Gubernur DKI Jakarta Sandiaga Uno
Sumber :
  • VIVA.co.id/ Anwar Sadat

VIVA – Pemerintah Provinsi DKI Jakarta berencana membangun turap di kawasan Kampung Arus, Cawang, Jakarta Timur. Untuk itu, warga di sekitar kawasan tersebut bakal direlokasi.

KPU DKI Sudah Antisipasi Banjir saat Proses Pemungutan Suara Pilgub 2024

Wakil Gubernur DKI Jakarta Sandiaga Uno mengatakan, warga di sekitar Kampung Arus bersedia direlokasi. Dia tak mau menggunakan istilah digusur. Sebab, warga akan sadar dan pindah sendiri atas keinginannya.

"Mereka enggak digusur ya karena mereka akan pindah sendiri, karena mereka ikut dalam program penataan," katanya di Balai Kota DKI, Rabu, 7 Februari 2018.

40 RT dan 5 Ruas Jalan Jakarta Masih Terendam Banjir

Warga kampung arus akan diberi pemahaman. Mereka akan diikutsertakan dalam program penataan kawasan bantaran Kali Ciliwung.

Namun, Sandiaga tak memungkiri jika tidak semua warga mau pindah. Ada sebagian yang memilih bertahan dan merasa sudah betah di wilayah tersebut. Lantaran itu, dia akan melakukan dialog dan memperlihatkan hunian yang akan ditempati warga Kampung Arus agar mereka melunak dan bersedia pindah.

Petugas Gabungan Pasang Bronjong di Tanggul Jebol Kali Hek Kramat Jati

"Kami harus ajak dialog dan kami harus perlihatkan tempat pindahnya ke mana, jadi mereka punya bayangan. Nah ini yang nanti akan kami siapkan. Unit dari tempatnya yang kami siapkan bagi mereka, supaya mereka ada touch and feel," ujarnya.

Saat ini, menurut Sandiaga, situasi di Kampung Arus sangat mengkhawatirkan bagi warga. Karena ketika air mulai naik itu akan sangat berbahaya dan sangat mengancam keselamatan warga.

Pemprov DKI berusaha menciptakan lingkungan yang sehat bagi para warga. "Mereka mungkin sudah biasa, tapi kita ingin kehidupan mereka dan anak cucu mereka lebih baik lagi ke depan," ujarnya. (ase)

Halaman Selanjutnya
Halaman Selanjutnya